Timor Leste Miliki Dewan Pers

Oleh: Petrus Suryadi Sutrisno

Timor Leste Miliki Dewan Pers
Petrus Suryadi Sutrisno

jpnn.com - SEJARAH  Pers Nasional Republik Demokratik Timor Leste tanggal 10 Mei 2016 mencatat sebuah lembaran  baru dengan  pelantikan lima orang anggota Dewan Pers  oleh Parlemen Nasional yang dipimpin oleh Presiden Parlemen Nasional,  Aderito Hugo da Costa yang  sebelumnya juga dikenal sebagai wartawan dan pemilik media cetak nasional.

Statuta Dewan Pers No. 25/2015 tanggal 5 Agustus 2015  mengamanatkan agar Parlemen Nasional (PN)  Timor Leste 15 Maret 2016  memilih dan menetapkan Virgilio da Silva Guterres dan Paulo Adriano da Crus Araujo sebagai wakil Parlemen Nasional di Dewan Pers. Dengan demikian maka genaplah jumlah lima orang anggota Dewan Pers  

Sementara tiga orang anggota Dewan Pers lainnya yaitu Hugo Fernandes, Jose Ximenes dan Fransisco Belo akhir Nopember 2015 yang lalu  oleh Asosiasi Pemilik Media, Asosiasi Jurnalis Timor Leste dan Timor Leste Press Union telah memilih, memverifikasi dan uji  public calon-calon anggota Dewan Pers di tiga lokasi yang berbeda melalui suatu proses seleksi ketat berjalan  secara langsung,  bebas, terbuka dan demokratis serta procedural.

Tidak ada bisik-bisik,  perundingan setengah kamar dan lobbi pendahuluan yang sarat dengan kepentingan dan  keharusan merepresentasikan kelompok  tertentu.

Pelantikan Dewan Pers tersebut merupakan bagian dari sejarah pers baru Timor Leste. Adanya Dewan Pers Timor Leste akan menjadi kelengkapan institusi pers nasional di Timor Leste.

Sedangkan Sekretariat Negara Komunikasi Sosial (Secoms) merupakan   institusi pemerintah yang melaksanakan fungsi regulator, dinamisator, motivator, inisiator dan akselerator dalam bidang komunikasi nasional termasuk institusi pers.

Radio dan Televisi Nasional Timor Leste sudah ada bersamaan dengan eksisnya RDTL. Setelah era tahun 2014 muncul TV swasta seperti TVE dan Gardamor TV dan beberapa perwakilan TV cable. Oleh karena itu pemeirntah juga telah memberikan indikasi akan segera disiapkan RUU tentang Penyiaran Publik.

Institusi pers yang sudah ada mendahului eksisnya Dewan Pers adalah organisasi pers dan eksisnya organisasi-aliansi journalist seperti Asosiasi Jurnalist Timor Leste (AJTL) dan Timor Leste Press Union (TLPU).

SEJARAH  Pers Nasional Republik Demokratik Timor Leste tanggal 10 Mei 2016 mencatat sebuah lembaran  baru dengan  pelantikan lima

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News