Ini Hasil Investigasi KNKT, tentang Tenggelamnya KMP Rafelia 2

Ini Hasil Investigasi KNKT, tentang Tenggelamnya KMP Rafelia 2
KMP Rafelia 2 tenggelam di selat Bali. Foto dok TNI

jpnn.com - BANYUWANGI - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pada, Selasa (10/5) mengumumkan laporan akhir hasil investigasi kecelakaan kapal Motor Penyeberangan (KMP) Rafelia 2, yang tenggelam pada 4 Maret 2016, di selat Bali. Kapal tenggelam saat melakukan pelayaran dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali menuju Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi.

Ketua Sub Komite Kecelakaan Transportasi Laut KNKT, Aldrin Dalimunthe menjelaskan dari hasil investigasi, pihaknya menemukan bahwa stabilitas kapal saat berangkat sudah tidak memenuhi kriteria.

Di mana syarat beban kapal melebihi dari syarat maksimum yang diizinkan. Kemudian, akumulasi air laut yang cukup banyak pada saat kapal berlayar menyebabkan penurunan stabilitas kapal dengan cepat.

"Masuknya air laut ini berasal dari gelombang haluan yang masuk melalui pintu rampa haluan yang tidak tertutup. Kapal menjadi miring dan tidak bisa kembali tegak," ujar Aldrin dalam siaran persnya.

Selain itu, dibukanya pintu rampa sejajar dengan permukaan air laut serta lepasnya pintu rampa dari engselnya, membuat air laut semakin banyak yang masuk ke dalam geladak kendaraan dan mempercepat laju kemiringan kapal.

“Kemiringan kapal ini diikuti oleh bergeraknya muatan di geladak kendaraan dan makin memperburuk stabilitas,” tegasnya.

Kesalahan lainnya yakni, kapal sejenis KMP. Rafelia 2 secara teknis tidak bisa dioperasikan di dermaga jenis Landing Craft Machine (LCM), dermaga yang terdiri landasan beton, tanpa adanya perangkat tambahan. Itu karena bentuk haluan yang memiliki bulbous dan struktur pintu rampa kapal.

Berdasarkan hasil Investigasi, KNKT menyimpulkan bahwa faktor yang berkontribusi pada kejadian ini yaitu akibat pemuatan, sarat kapal mengalami kelebihan 0.6 m (559 ton), dibandingkan pada sarat kapal 2.7 m.

BANYUWANGI - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pada, Selasa (10/5) mengumumkan laporan akhir hasil investigasi kecelakaan kapal Motor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News