Top! Provinsi Ini Paling Jujur untuk Urusan Ujian Nasional

Top! Provinsi Ini Paling Jujur untuk Urusan Ujian Nasional
Anies Baswedan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merilis hasil penilaian indeks integritas kejujuran siswa dan sekolah dalam mengikuti Ujian Nasional (UN)

Dari penilaian itu, Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY) meraih skor tertinggi indeks integritas ujian nasional (IIUN) jenjang SMA. Provinsi yang dipimpin Sri Sultan Hemangkubuwono itu jauh mengalahkan Jawa Timur yang berada di posisi ke-27.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan kemarin membeberkan hasil pengukuran IIUN berdasarkan provinsi.

Sebanyak sepuluh provinsi dibeber berdasarkan kelompok penjurusan IPA dan IPS. Provinsi Jogjakarta menjadi yang tertinggi untuk dua rata-rata IIUN di tingkat sekolah.

Untuk kelompok IPA skor Jogjakarta 78,36 poin. Sedangkan kelompok IPS mendapatkan skor 78,21 poin. "Jogja memang istimewa. Bukan berarti karena saya kuliah di Jogja," kata Anies lantas tertawa.

Menurut Anies pengukuran IIUN ini menunjukan kejujuran siswa dalam mengerjakan UN. Anies mengatakan pengukuran IIUN yang menempatkan Jogjakarta sebagai provinsi tertinggi itu hanya menghitung sekolah yang menggelar unas konvensional atau berbasis kertas. (wan/jpg/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News