Gerindra: Sia-siakan Dana Kunker Sama Saja Bunuh Diri

Gerindra: Sia-siakan Dana Kunker Sama Saja Bunuh Diri
Politikus Gerindra Riza Patria. Foto: dok.JPNN

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR RI A Riza Patria angkat bicara soal isu dugaan kunjungan kerja (kunker) fiktif anggota DPR yang berpotensi merugikan keuangan negara hingga Rp 945 miliar. Politikus Gerindra itu meminta publik hati-hati menaggapi isu tersebut, karena hampir tidak mungkin anggota DPR yang menyia-nyiakan dana reses.

"Jika menyia-nyiakan dana reses, itu sama saja dengan bunuh diri, karena dana itu diperuntukkan bagi konstituen dan berdampak pada keterpilihan kembali anggota tersebut," katanya melalui siaran pers di sela-sela reses, Jumat (13/5).

Dia menyebutkan bahwa setiap fraksi sudah memiliki mekanisme tersendiri untuk menghindari penyelewengan. Fraksi Partai Gerindra misalnya, sangat akuntabel dan transparan dengan laporan kunker dan reses anggotanya.

"Jadi bukan saja terpenuhi secara administratif sesuai prosedur dan syarat laporan yang disampaikan oleh Setjen DPR, tetapi juga secara riil harus dipastikan bahwa anggota DPR melakukan kunjungan kerja ke dapilnya," jelas Riza.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News