Perdana, KKP Ekspor Ikan dari Pulau Terluar Tahuna

Perdana, KKP Ekspor Ikan dari Pulau Terluar Tahuna
Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti. Foto dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkerjasama  dengan Perum Perikanan Indonesia (Perindo) melakukan ekspor ikan perdana dari Tahuna, salah satu kawasan pulau terluar di Indonesia.

Menteri KKP Susi Pudjiastuti mengatakan, sebanyak 24 ton produk frozen muroaji, yang merupakan ikan jenis malalugis sudah diberangkatkan dari Pelabuhan Dagho dengan tujuan negara Jepang, pada Kamis (12/5) kemarin.

Ekspor perdana ini ditandai dengan penyerahan sertifikat kesehatan ikan, sebagai syarat wajib dari produk perikanan yang akan diekspor. Hal itu sambung Susi, untuk menjaga kontiunias ekspor secara berkelanjutan.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatangan kesepakatan bersama dengan Perum Perindo.

"Untuk meningkatkan volume dan nilai ekspor ke depan, saya memberikan penugasan kepada Perindo," ucap Susi dalam siaran persnya, Jumat (13/5).

"Saya juga berharap agar seluruh nelayan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sitaro dan Talaud harus mendaratkan seluruh ikan hasil tangkapannya di pelabuhan perikanan Indonesia, dan tidak melakukan penjualan di tengah laut," imbuh Susi.

Selain melalui jalur laut, untuk selanjutnya ekspor langsung ke negara tujuan juga dilakukan melalui jalur udara dari Bandar Udara Naha di Tahuna. Sedangkan untuk kebutuhan domestik atau dalam negeri tetap akan dipenuhi, baik lewat jalur laut melalui Bitung dan udara melalui Manado. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkerjasama  dengan Perum Perikanan Indonesia (Perindo) melakukan ekspor ikan perdana dari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News