Masyarakat Baduy Punya 3 Permintaan, Begini Tanggapan Bu Bupati

Masyarakat Baduy Punya 3 Permintaan, Begini Tanggapan Bu Bupati
Ribuan warga Baduy terlibat langsung dalam Seba Baduy 2016. Foto dok Fandi/jpnn

jpnn.com - BANTEN - Ribuan warga Baduy mempunyai tiga permintaan kepada Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya. Permintaan itu sudah mereka sampaikan dalam acara Seba Baduy 2016.

Menanggapi permintaan warga Baduy, Iti menyatakan, perjuangan agar kolom agama dan kepercayaannya bisa dicantumkan, sudah dilakukan pemerintah sejak bupati sebelumnya.

“Kami sudah perjuangkan hal ini sebelumnya, Pemkab tidak berdaya karena keputusan mencantumkan agama sunda wiwitan bukan kewenangan pemerintah daerah, tetapi kewenangan pemerintah pusat,” ujar Iti, Sabtu (14/5).

Meski begitu, Iti berjanji Pemkab akan terus memperjuangkan aspirasi warga Baduy, sehingga ke depan kolom agama di KTP masyarakat adat bisa terisi dan tidak lagi dikosongkan.

Sementara terkait permintaan warga Baduy, yang meminta pelibatan masyarakat adat dalam pengamanan kawasan Taman Nasional Gunung Halimun, Iti berkomitmen akan merealisasikannya.

“Karena selama ini kelestarian alam kawasan taman nasional sudah dijaga dengan baik oleh masyarakat adat. Jika tidak maka kondisi lingkungan di hulu Sungai Ciujung bakal rusak, dan akhirnya berdampak terhadap lingkungan di wilayah hilir Sungai Ciujung,” tandasnya. (mg5/chi/jpnn)

 


BANTEN - Ribuan warga Baduy mempunyai tiga permintaan kepada Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya. Permintaan itu sudah mereka sampaikan dalam acara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News