Mantap, 16 Pelabuhan di Sulawesi ini Diresmikan

Mantap, 16 Pelabuhan di Sulawesi ini Diresmikan
Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA – Sebanyak 16 pelabuhan yang tersebar di Pulau Sulawesi diresmikan secara simbolik oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo, pada hari ini, Minggu (15/5).

Ke 16 pelabuhan itu terdiri dari empat pelabuhan di Provinsi Sulawesi Tengah, lima pelabuhan di Provinsi Sulawesi Utara. Kemudian, tiga pelabuhan di Provinsi Sulawesi Tenggara, tiga pelabuhan di Provinsi Sulawesi Selatan dan satu pelabuhan di Provinsi Gorontalo.

Adapun empat pelabuhan di Sulawesi Tengah yang telah selesai dikembangkan, yaitu Pelabuhan Mantangisi, Pelabuhan Una-Una, Pelabuhan Bungku dan Pelabuhan Moutong.

Sementara lima pelabuhan di Sulawesi Utara yang diresmikan yaitu Pelabuhan Laut Torosik, Pelabuhan Laut Tanjung Sidupa, Pelabuhan Laut Makalehi, Pelabuhan Laut Para dan Pelabuhan Laut Melonguane, yang merupakan pelabuhan pengumpan lokal.

Selanjutnya, di Provinsi  Sulawesi Tenggara ada tiga pelabuhan yang telah selesai dibangun yaitu Pelabuhan Banabungi, Pelabuhan Wamengkoli, dan Pelabuhan Langara.

Di Provinsi Sulawesi Selatan tiga pelabuhan yang dibangun yaitu Pelabuhan Balanglompo, Pelabuhan Sapuka, dan Pelabuhan Laut Maccini Baji. "Di Provinsi Gorontalo ada satu pelabuhan yaitu Pelabuhan Bumbulan," ujar Sugihardjo.

Dengan pembangunan infrastruktur pelabuhan ini, diharapkan akan memberikan efek ganda, tidak hanya mampu memfasilitasi keterhubungan antar wilayah menjadi lebih efektif.

"Tapi juga akan meningkatkan aksesibiltas mobilisasi arus manusia dan arus barang di seluruh penjuru tanah air,serta akan menggerakkan pertumbuhan ekonomi secara merata di semua wilayah," tandas Sugihardjo. (chi/jpnn)


JAKARTA – Sebanyak 16 pelabuhan yang tersebar di Pulau Sulawesi diresmikan secara simbolik oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News