Top! Prajurit TNI Juga Bawa Misi Kebudayaan

Top! Prajurit TNI Juga Bawa Misi Kebudayaan
Tampak personel Satgas Indobatt mempersembahkan Tarian Piring pada acara Folk Dances, Cultures, Food Showcase tahun 2016. Acara tersebut diselenggarakan oleh Unesco (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization) di Gedung Teatre Unesco, Beirut, Lebanon. FOTO: DOK.TNI for JPNN.com

jpnn.com - LEBANON Komandan Satgas Konga XXIII-J/Unifil, Letkol Inf. Dwi Sasongko, mengatakan selain bertugas menjaga perdamaian dunia, Satgas Indobatt juga sebagai duta bangsa mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada dunia.

Hal itu disampaikan Letkol Inf. Dwi Sasongko saat personel Satgas Indobatt mempersembahkan Tarian Piring pada acara Folk Dances, Cultures, Food Showcase tahun 2016. Acara tersebut diselenggarakan oleh Unesco (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization) di Gedung Teatre Unesco, Beirut, kemarin.

Penampilan personel Satgas Indobatt Kontingen Garuda XXIII-J/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) ini memukau ratusan penonton yang hadir dalam acara tersebut.

Tarian Piring merupakan sebuah seni tarian milik orang Minangkabau yang berasal dari Sumatera Barat. Tarian ini diiringi lagu yang dimainkan dengan Talempong dan Saluang, dimana gerakannya dilakukan dengan cepat sambil memegang piring di telapak tangan mereka.

Kadangkala piring-piring tersebut mereka lempar ke udara atau mereka menghempaskannya ke tanah dan diinjak oleh para penari tersebut dengan kaki telanjang.

Menurut siaran pers Perwira Penerangan Konga XXIII-J/Unifil, Lettu Sus Tri Bowo H. Febriyanto, penampilan Tarian Piring yang dibawakan oleh personel Indobatt tersebut, disaksikan langsung oleh Kepala Kantor HOC Dubes RI di Lebanon, Andri Prasetyo Nugroho, Dansatgas Indobatt Konga XXIII-J/Unifil Letkol Inf Dwi Sasongko serta masyarakat setempat. Mereka membaur bersama penonton lain hingga acara selesai.

Selain menampilkan pertunjukan Tarian Piring, juga digelar stand Indonesia yang menyajikan makanan ringan tradisional khas Indonesia.(fri/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News