Salah Turunkan Penumpang Internasional, Lion Air Ternyata Tak Lapor

Salah Turunkan Penumpang Internasional, Lion Air Ternyata Tak Lapor
Ilustrasi. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Insiden salah terminal penumpang Lion Air JT 161 rute Singapura-Jakarta pada 10 Mei lalu di Bandara Soekarno-Hatta memang mengejutkan banyak pihak. Kini, investigasi terhadap kasus ini mulai dilakukan. Nah, pada penyelidikan awal terungkap fakta bahwa pihak Lion Air tidak melaporkan secara resmi kejadian tersebut kepada otoritas bandara (otban).

Manajemen maskapai berlambang kepala singa itu malah menyalahkan sopir bus penjemput.

Kepala Kantor Otban Soekarno-Hatta Muzafar Ismail menyampaikan, hingga kini laporan resmi secara tertulis belum sampai di mejanya. 

Pihak CIQ (customs, immigration and quarantine/bea cukai, imi­grasi, dan karantina) juga belum mendapatkan keterangan. 

Hal itu tentu menimbulkan pertanyaan besar. Sebab, berdasar Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, seluruh kejadian yang menyangkut keselamatan, keamanan, dan pelayanan di bandara harus segera dilaporkan kepada kantor otban. 

"Karena itu, kami investigasi penyelenggara bandar udara dan Lion Air. Termasuk ground handling-nya, apakah ada unsur kesengajaan atau tidak," ujarnya kepada Jawa Pos kemarin (15/5). 

Seperti diberitakan, insiden tak lazim terjadi pada 10 Mei. Ketika itu penumpang Lion Air JT 161 jurusan Singapura-Jakarta yang semestinya diantar ke terminal 2 (internasional) justru dibawa ke terminal 1B (domestik). Sebagian penumpang yang kebingungan sudah langsung keluar tanpa pemeriksaan imigrasi. Juga tanpa pengecekan bea dan cukai. 

Pihak Lion Air beralasan, kesalahan terjadi pada pihak ground handling (layanan sisi darat). Ketika itu ground handling mengira pesawat yang mendarat di remote area (jauh dari terminal kedatangan) tersebut adalah penerbangan dari Padang. (mia/bil/jun/byu/c9/sof/chi)

JAKARTA - Insiden salah terminal penumpang Lion Air JT 161 rute Singapura-Jakarta pada 10 Mei lalu di Bandara Soekarno-Hatta memang mengejutkan banyak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News