Bali Mountain Bike Marathon 2016 Jelajahi Kaldera Batur

Bali Mountain Bike Marathon 2016 Jelajahi Kaldera Batur
Bali Mountain Bike Marathon tahun lalu. Foto: balibiking.com

jpnn.com - BALI - Provinsi Bali mulai melirik sport tourism. Bali Mountain Bike Marathon 2016 siap digelar, Minggu (29/5). Lokasi yang ingin dijelahi, Kaldera Gunung Batur, Kintamani,  Bali, yang memiliki panorama sangat keren. 

Acara yang digarap Yayasan Atlet Nusantara ini akan diikuti peserta dari beberapa negara. Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei, Denmark, Australia dan Hongkong, dipastikan siap ambil bagian. Total peserta hingga 8 Mei 2016, mencapai 78 orang. Hingga akhir bulan nanti, jumlah peserta diyakini akan terus bertambah. 

“Bali Mountain Bike Marathon 2016 bukan event biasa. Bukan sekadar penyelenggaraan lomba balap sepeda internasional, tapi juga bertujuan mengangkat pariwisata Bali dan Kintamani pada umumnya. Sudah ada tujuh negara yang memastikan ambil bagian. Nantinya, semua peserta akan kami ajak menjelajahi keindahan Kaldera Gunung Batur di Kintamani,” terang Pengawas Yayasan Atlet Nusantara, Gede Cakra, Selasa (10/5).

Pada adu balap sejauh 80 kilometer di ketinggian antara 1.100 meter-1.700 meter dari permukaan laut itu, para peserta dipastikan bisa menikmati keindahan Danau Batur yang sangat menawan. Airnya berwarna biru dan tenang. Di sebelah kiri danau, Gunung Batur berdiri dengan anggunnya. Sementara di sisi kanan, Gunung Abang tak kalah memukau. Belum lagi, atraksi gulungan awan putih ibarat kapas yang seolah menempel di atas pucuk gunung itu. 

"Lokasi lomba memiliki keindahan pemandangan tak tertandingi yang terletak di dalam satu wilayah geografis yang paling beragam di.permukaan bumi,” tambahnya.

Selain menikmati keindahan alam, para peserta nantinya juga akan menempuh lintasan offroad yang menantang. Medannya berpasir, masuk hutan, banyak kerikil, batu vulkanik dan jalan aspal. “Peserta boleh santai menjumpai penduduk, istirahat dan yang penting waktu yang ditentukan sudah sampai di finis," urai Gede Cakra.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Bali Anak Agung Gede Yuniartha Putra, mengapresiasi sport tourism yang digagas Yayasan Atlet Nusantara tadi. Dia menilai, Bali Mountain Bike Marathon bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitar Kintamani. 

“Ahli vulkanologi asal Belanda, Reinout Willem van Bemmelen menilai kaldera Gunung Batur adalah salah satu yang terbesar dan terindah di dunia. Jadi ide menggelar lomba balap sepeda di sana sangat brilian. Masyarakat bisa merasakan nilai tambah, dan sektor pariwisata di Bali bisa makin maju lagi,” terang Kadispar Bali, Anak Agung Gede Yuniartha Putra.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News