Mendagri: Serahkan Munaslub pada Pengurus Partai

Mendagri: Serahkan Munaslub pada Pengurus Partai
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Puspen Kemendagri

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berharap, usai Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) nantinya, Partai Golkar agar segera melakukan konsolidasi. Maksudnya,  tidak ada lagi konflik internal setelah Munaslub.

Menurut dia, parpol adalah pilar demokrasi sehingga permasalahan yang ada di dalamnya harus segera rampung. 

Jangan sampai, persoalan internal tersebut  menganggu kebijakan politik pemerintah terkait anggaran, perumusan undang-undang dan peraturan lainnya.

“Namun soal munaslub ini, Mendagri tetap tegak lurus, apa yang menjadi kebijakan politik Presiden. Intinya tidak ingin ikut campur permasalahan parpol. Prinsipnya serahkan sepenuhnya otoritas munaslub ini pada kepengurusan parpol,” kata Tjahjo di Jakarta, Senin (16/5).

Ia juga menilai Golkar ini memiliki kekuatan yang cukup solid di DPR. Dengan begitu, ke depannya pengawasan terhadap pemerintah juga bisa berjalan dengan baik bila parpol tersebut segera berkonsolidasi. 

Sebab, bagaimanapun DPR ini, kata dia juga menjadi kepanjangan parpol.

“Terkait figur sama sikap yang kami jaga. Kami tidak ada instruksi ke gubernur-gubernur dan bupati/walikota. Pada prinsipnya bapak presiden menyerahkan sepenuhnya otoritas munaslub untuk menentukan kepengurusan sebuah parpol,” ujar dia. (sam/jpnn)

 


JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berharap, usai Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) nantinya, Partai Golkar agar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News