Jaring Balon Kada, PKS Terapkan Cara Berbeda

Jaring Balon Kada, PKS Terapkan Cara Berbeda
Massa pendukung PKS. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - LAWORO – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muna Barat, Sultra, menerapkan cara yang berbeda dibanding partai lain, dalam menjaring bakal calon kepala daerah yang akan diusung di Pilkada. 

PKS tidak menjaring balon secara terbuka, layaknya parpol lain. PKS hanya memilih figur yang sudah populer dan diyakini berelektabilitas tinggi. Lalu, setiap figur diberikan formulir pendaftaran. 

Sekretaris PKS Mubar, Purwanto mengatakan proses penjaringan ala PKS memang sudah sesuai Anggaran Dasar (AD) PKS. 

"Memang kami tidak publikasikan (penjaringan balon). Namun, sejauh ini kita sudah banyak berkomunikasi dengan balon yang ada di Mubar. Seperti LM Rajiun Tumada, Rachmawati Badala, LM Taufan, La Nika, Haji Akbar. Dari kelima balon ini hanya ada tiga nama yang sudah melakukan komunikasi lanjutan dan itu lebih intens. Inilah bentuk  keseriusan mereka," ujar Purwanto, Senin (16/5).

PKS Mubar akan memfasilitasi tiga balon itu hingga ke tingkat DPD PK Sultra dan DPP PKS. Syaratnya, tiga balon itu harus memiliki elektabilitas tinggi sesuai hasil survei. 

"Kita ini partai berasas Islam. Selain berlandaskan hasil survei, mental seorang pemimpin dan karakter akan menjadi tolak ukur. Dan ini harus memenuhi standar. Setelah itu kita bicara tentang bagaimana figur balon tersebut punya keseriusan untuk membangun Muna Barat kedepannya," ungkapnya.

Purwanto enggan berandai-andai siapa dari tiga nama yang disebutkan dan paling memenuhi syarat untuk di usung PKS. Semua punya peluang yang sama. Yang pasti, PKS berharap dapat bersama-sama balon yang bisa membawa Mubar ke arah yang lebih baik. (yaf/c/sam/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Inilah Janji Aburizal Bakrie


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News