Bank Tanah Bakal Percepat Program Sejuta Rumah

Bank Tanah Bakal Percepat Program Sejuta Rumah
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Wacana pembentukan bank tanah mendapat dukungan dari PT Bank Tabungan Negara. Bank tanah itu diyakini akan mampu mempercepat realisasi program sejuta rumah.

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan, mempercepat program sejuta rumah bisa mengurangi backlog perumahan di Indonesia yang mencapai angka 15 juta unit.

Maryono mendukung jika pemerintah ingin mendirikan bank tanah. Namun, dia mengusulkan agar pengadaan bank tanah tidak hanya sebatas untuk infrastruktur jalan, tetapi juga pembangunan permukiman atau perumahan untuk rakyat.

“Tingginya permintaan untuk rumah menengah ke bawah juga harus diimbangi dengan adanya lahan yang memadai. Sehingga, para pengembang bisa dengan mudah dan cepat untuk membangun perumahan diberbagai daerah,” ujar Maryono akhir pekan kemarin.

Jika bank tanah bisa cepat direalisasikan, lanjut Maryono, ini akan mendukung percepatan program pembangunan sejuta rumah.

“Kalau lahannya ada, maka harga tanahnya dapat ditekan lebih murah sehingga akan terjadi efisiensi biaya dalam program ini, dan pengembang bisa cepat membangun,” tambahnya. (ers/jos/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News