Menperin: Mintalah Kopi Indonesia

Menperin: Mintalah Kopi Indonesia
Saleh Husin. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA- Menteri Perindustrian Saleh Husin mengajak pengusaha dan masyarakat ikut memperkuat merek-merek produk Indonesia. Ini sejalan dengan program pengembangan dan penguatan industri nasional sehingga pelaku industri menghasilkan produk berkualitas dan berdaya saing.‎

Selain mendongkrak kemampuan produsen dari sisi produksi dan pemasaran, upaya yang bertujuan sama juga bisa dilakukan saat melakukan aktivitas konsumsi. Caranya, menurut Menperin bisa dilakukan sehari-hari.

“Contohnya soal kopi dan cokelat. Agar kopi kita semakin dikenal, saya minta saat Anda nongkrong di coffeeshop di Indonesia maupun di luar negeri, pesan dengan mengatakan ‘saya minta kopi Indonesia’ misalnya yang Gayo, Kerinci, Toraja, Kintamani,” katanya, Selasa (17/5).

Jika hal ini dilakukan oleh banyak konsumen, konsisten dan berulang-ulang, pemilik maupun pengelola kedai kopi akan lebih banyak menyediakan pasokan kopi, cokelat dan produk Indonesia lainnya. Kedai kopi, seperti bisnis lainnya, diyakininya pasti memiliki studi pasar dan menganalisis permintaan konsumen.

“Ujung-ujungnya kopi kita lebih banyak dibeli pelaku usaha. Yang untung siapa, ya petani dan pengolah kopi. Jadi ayo kita selalu bangga dan beli produk Indonesia,” tegasnya. (esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News