Siap-siap, Presiden Bakal Berlakukan Hukuman Gantung

Siap-siap, Presiden Bakal Berlakukan Hukuman Gantung
Presiden pemenang pemilu Filipina Rodrigo Duterte. Foto: Bloomberg

jpnn.com - DAVAO –Presiden pemenang pemilu Filipina Rodrigo Duterte sudah menyiapkan rencana besar jika benar terpilih memimpin negara tersebut. Untuk menumpas kriminalitas, Duterte akan memberlakukan hukuman mati lagi di Filipina.

''Apa yang akan saya lakukan adalah meminta Kongres Filipina memberlakukan kembali hukuman mati dengan metode gantung,'' jelas Duterte dalam jumpa pers di Kota Davao.

Belum jelas kapan pengganti Presiden Benigno Aquino III alias Noynoy itu mulai melancarkan niatnya. Sesuai dengan tradisi, presiden dilantik pada 30 Juni mendatang.

Para kritikus langsung mereaksi rencana kontroversial Duterte tersebut. Mereka pesimistis rencana tersebut akan berhasil. Apalagi, Filipina resmi menghapus hukuman mati dengan metode apa pun sejak 2006. Namun, pemimpin berjuluk The Punisher itu tidak mau menyerah. Dia bahkan punya skenario lain jika pada akhirnya Kongres Filipina memang menolak permohonannya. Duterte bakal mengerahkan seluruh kekuatan bersenjata di Filipina untuk memerangi kriminalitas. Baik itu polisi maupun militer.

 ''Saya membutuhkan personel-personel militer yang mampu menembak tepat sasaran dan para penembak jitu. Ini serius. Jika kalian (kriminalis, Red) melawan, saya akan kerahkan para penembak jitu untuk menembak kalian,'' tegas Duterte.

Dia juga mengimbau para penjahat atau pelaku kriminal untuk tidak melawan petugas. Apalagi berusaha kabur. ''Jika kalian me­lawan atau menunjukkan perlawanan, saya perintahkan aparat untuk menembak mati. Tembak mati untuk kejahatan berencana. Kalian dengar itu? Tembak mati para penjahat yang melakukan kejahatan berencana,'' tuturnya sebagaimana dilansir Agence France-Presse. (AFP/BBC/CNN/hep/c14/any/flo/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News