AS Keluarkan Travel Warning ke Korea Utara

AS Keluarkan Travel Warning ke Korea Utara
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un, bawah bersama para pejabat teras Korea Utara saat inspeksi di sebuah pembibitan. Foto: Korean Central News Agency (KCNA) -AFP

jpnn.com - WASHINGTON - Departemen Luar Negeri mengimbau semua warga Amerika Serikat untuk menghindari semua perjalanan ke Korea Utara.

Pemerintah AS mengingatkan bahwa perjalanan ke AS rentan dengan risiko bahkan bisa berakhir di penjara. Ya, setidaknya 14 warga AS telah ditahan di Pyongyang selama satu dekade terakhir.

"Departemen Luar Negeri mendesak warga AS untuk menghindari semua perjalanan ke Korea Utara karena risiko serius penangkapan dan penahanan jangka panjang di bawah sistem hukum Korea Utara yang terlalu keras, termasuk aktivitas yang di Amerika Serikat tidak dianggap sebagai kejahatan," bunyi pernyataan Deplu AS, seperti dikutip dari AFP, Selasa (17/5).

Baru-baru ini, satu contoh kasus yang melibatkan warga AS di Korea Utara adalah Otto Warmbier, mahasiswa berusia 21 tahun yang ditangkap pada Januari kemarin, karea diduga mencuri tanda propaganda pemerintah Korea Utara dari sebuah hotel wisata di Pyongyang. Dia dijatuhi hukuman pada Maret dan kerja keras selama 15 tahun. (adk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News