Perkuat Industri Otomotif Nasional, Hendrik: Menteri Kok Kayak Sales

Perkuat Industri Otomotif Nasional, Hendrik: Menteri Kok Kayak Sales
Ketua Bidang Perindustrian dan Perdagangan DPP Partai Perindo, Hendrik Luntungan. IST

jpnn.com - JPNN.com JAKARTA - Ketua Bidang Perindustrian dan Perdagangan DPP Partai Perindo, Hendrik Luntungan mengatakan belum ada sikap yang serius dari pembantu Presiden Joko Widodo untuk memperkuat industri otomotif nasional. 

Indikatornya, belum ada penekanan kepada investor asing untuk membangun pabrik komponen inti otomotif. 

“Kita tidak akan bisa berkembang maju jika hanya mengerjakan industri perakitan saja” kata Hendrik kepada wartawan di Jakarta, Selasa (17/5). 

Pernyataan ini disampaikan menyikapi omongan dua pembantu Presiden Jokowi, Menteri Perindustrian Saleh Husin dan Ketua Komite Ekonomi dan Industri (KEIN), Sutrisno Bachir. 

Sepekan yang lalu, Sutrisno Bachir mengemukakan apresiasinya terhadap PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) tanpa ada penekanan terhadap kebijakan untuk mengembangkan industri otomotif secara mandiri. 

"Kami berharap dalam kunjungan ini akan ada masukan-masukan yang dapat membantu meningkatkan industri kita. Sebagai komite yang ditunjuk langsung presiden untuk peningkatan ekonomi dan industri nasional, kita akan telaah setelah ada masukan, lalu kita akan berikan rekomendasi kepada presiden dengan menteri yang terkait masalah ekonomi industri," kata Soetrisno di pabrik TMMIN, Jl Yos Sudarso, Sunter 1, Jakarta Utara, Senin (9/5). 

Hal senada juga dilontarkan Menteri Saleh Husin dalam sebuah acara yang diselengarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo)Jakarta, Rabu (11/5). Dimana GAIKINDO akan bekerjasama dengan pemerintah untuk menyelengarakan pameran otomotif pada bulan Agustus nanti.
 
"Saya juga minta pabrikan mengedukasi pengunjung pameran dan konsumen untuk memberitahu mobil tipe tertentu telah diproduksi di Indonesia," ujar Saleh. 

Saleh menekankan bahwa pameran sebenarnya dapat membantu pabrikan mendapat kepercayaan konsumen untuk mendongkrak tingkat penggunaan komponen lokal dan investasi otomotif dalam memperkuat struktur industri ini.

JPNN.com JAKARTA - Ketua Bidang Perindustrian dan Perdagangan DPP Partai Perindo, Hendrik Luntungan mengatakan belum ada sikap yang serius dari pembantu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News