Jangan Warga Miskin Tambah Gara-gara Rasionalisasi PNS

Jangan Warga Miskin Tambah Gara-gara Rasionalisasi PNS
PNS. Foto ilustrasi dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Dalam pelaksanaan rasionalisasi, pemerintah akan menyasar PNS yang berada di jabatan fungsional umum (JFU) dan berkinerja buruk. 

Namun, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Aria Wibisana mengingatkan dalam proses rasionalisasi, perlu memperhatikan bagaimana cara menyeleksi pegawai berkinerja buruk.

"Sebaiknya dalam proses pergantian, mengedepankan unsur kemanusiaan dan juga tanpa meningkatkan angka kemiskinan," saran Bima, Rabu (18/5).

Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean, lanjutnya, cara-cara kerja biasa sudah tidak berlaku lagi. Yang dibutuhkan cara cerdas dengan memperkuat kompetensi dan pengetahuan agar mempertahankan SDM. Di samping mengantisipasi datangnya SDM dari luar.

"Ini ‎sebagai upaya meningkatkan birokrasi kita untuk memberikan keuntungan bagi masyarakat banyak," ucapnya.

‎Data Juni 2015, dari jumlah komposisi PNS yang ada, pegawai yang menempati posisi JFU mendominasi jumlah PNS yakni 1.906.306 atau 42 persen dari total PNS 4.517.126.  

Sementara itu jumlah guru sebanyak 1.726.991, tenaga medis 31.174, paramedis 307.953, JFT 219.853 dan jabatan struktural sebanyak 324.849. 

Dengan banyaknya JFU ini, belanja pegawai menjadi terus meningkat dari tahun ke tahun yang akan erakibat pada kondisi fiskal. (esy/jpnn)


JAKARTA--Dalam pelaksanaan rasionalisasi, pemerintah akan menyasar PNS yang berada di jabatan fungsional umum (JFU) dan berkinerja buruk.  Namun,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News