Siap-siap, Tahun Depan 300 Ribu PNS Dirumahkan

Siap-siap, Tahun Depan 300 Ribu PNS Dirumahkan
PNS. Foto: ilustrasi dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ini kabar buruk bagi PNS yang kinerjanya pas-pasan. Pemerintah berencana melakukan rasionalisasi PNS sebanyak 300 ribu pada 2017. 

Kemudian dua tahun berikutnya juga melakukan rasionalisasi sebanyak 358.568. 

Menurut Deputi SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja, agar PNS tidak kena rasionalisasi, kompetensi pegawai harus tinggi. 

Di mana, setiap pegawai harus bisa menguasai IT, Bahasa Inggris, serta memenuhi kompetensi bidang dan pelayanan.

"Nantinya dalam menentukan PNS yang akan dirasionalisasi, kami melakukan penilaian kompetensi pegawai persentase penguasaan IT (35 persen), Bahasa Inggris (15 persen) dan Tes Kompetensi Bidang dan Pelayanan (50 persen).

Terkait dengan roadmap penataan PNS, Setiawan menjelaskan, tahun ini pemerintah melakukan beberapa langkah yakni pemetaan dan penyiapan payung hukum dan anggaran. 

"Tahun depan, pemerintah berencana melakukan rasionalisasi sebanyak 300 ribu kemudian dua tahun berikutnya juga melakukan rasionalisasi sebanyak 358.568," ucapnya. (esy/jpnn)


JAKARTA - Ini kabar buruk bagi PNS yang kinerjanya pas-pasan. Pemerintah berencana melakukan rasionalisasi PNS sebanyak 300 ribu pada 2017. 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News