Bahan Bakar Plastik Antar Teknik Mesin Trisakti Raih Rekor MURI

Bahan Bakar Plastik Antar Teknik Mesin Trisakti Raih Rekor MURI
Pemecahan rekor MURI. Foto: Trisakti

jpnn.com - JAKARTA - Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Trisakti meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) atas prestasi perjalanan non stop terjauh dengan kendaraan berbahan bakar solar plastik.

"Kreasi mahasiswa teknik mesin Usakti ini menggunakan bahan bakar solar plastik dan mengeliliingi 50 kabupaten/kota di pulau Jawa sangat kami apresiasi. Karena itu, rekor ini layak mereka raih karena melakukan perjalanan nonstop terjauh melintas lingkar Pulau Jawa menggunakan kendaraan berbahan bakar solar plastik," ujar Wakil Direktur MURI Osmar Semesta Susilo saat menyerahkan Piagam Penghargaan MURI di Kampus Usakti, Jakarta, Rabu (18/5).

Rekor MURI ini diraih berkat kesuksesan mahasiswa teknik mesin Usakti mengembangkan bahan bakar solar dengan memanfaatkan limbah berupa plastik polypropylene sebagai campurannya.

Ketua tim pelaksana Nurfadli mengatakan, uji bahan bakar alternatif ini dibuat untuk memberikan pengetahuan bahwa penggunaan bahan bakar alternatif berbasis limbah plastik sangat dimungkinkan.

"Kegiatan ini juga merupakan suatu bentuk apreasiasi dalam memperingati Dies Natalis 50 tahun Teknik Mesin Usakti," ujarnya.

Sebelumnya, pada 12 Mei 2016 lalu, tim MURI memulai perjalanan mengelilingi pulau Jawa dengan menggunakan bahan bakar solar plastik. Setelah berhasil mengelilingi 50 kota selama tujuh hari, akhirnya tim mahasiswa ini kembali ke Usakti pada 18 Mei 2016.

Dia mengaku biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi bahan bakar ini tidak terlalu mahal. Secara ekonomis, biaya yang dibutuhkan terjangkau. Hanya saja, untuk mendapatkan bahan baku seperti plastik tidak mudah.

Apalagi, plastik-plastik yang dibutuhkan belum dipisahkan dari jenis sampah yang lainnya. "Ini salah cara mengurai persoalan sampah yang ada di Indonesia," tuturnya.

JAKARTA - Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Trisakti meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) atas prestasi perjalanan non stop terjauh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News