NGERI! Kapal Perang TNI AL 'Terbakar'

NGERI! Kapal Perang TNI AL 'Terbakar'
Para prajurit KRI Teluk Hading-538 dan Mako Kolinlamil bahu-membahu memadamkan api saat latihan penanggulangan kebakaran di KRI Teluk Hading 538. FOTO: Dispen Kolinlamil for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Hading-538 disimulasikan mengalami musibah “kebakaran” saat sandar di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Rabu (18/5). Kapal perang jajaran Satlinlamil Jakarta itu mengalami kebakaran pada 10.00 WIB.

Latihan ini diawali dengan bunyi bel alarm kedaruratan. Alarm tersebut sebagai tanda dimulainya penangan kebakaran di ruang laundry yang terletak di buritan KRI Teluk Hading-538.

Tim penanggulangan kebakaran berusaha memadamkan api namun tidak berhasil. Kondisi api yang cukup besar yang dikhawatirkan api akan menjalar keseluruh bagian ruangan KRI.

Kebakaran diduga akibat konsleting listrik atau hubungan arus pendek yang ada di ruang tersebut. Bel alarm kembali berbunyi, sebagai penanda bahwa api terus berkobar dan membahayakan. Karena itu, awak KRI berkoordinasi dengan markas komando untuk meminta bantuan mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

Tanpa membutuhkan waktu lama, dua unit mobil pemadam kebakaran langsung meluncur ke dermaga. Selanjutnya, selang air menyemprotkan air ke arah buritan KRI Teluk Hading yang secara perlahan mampu memadamkan api.

Komandan KRI Teluk Hading-538 Letkol Laut (P) Dian Poernomo Sidhi mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk melatih ketrampilan dan ketangkasan prajurit unsur KRI dalam menghadapi terjadinya kebakaran di KRI saat sandar.

Selain juga untuk mensinergikan dan menyamakan persepsi apabila terjadi kebakaran di KRI yang sedang sandar untuk kemudian meminta bantuan prajurit yang berada di pangkalan atau Mako.

Dalam pelatihan tersebut, para prajurit juga diberikan penjelasan tentang prosedur menggunakan mobil pemadam kebakaran, mulai mengenalkan fungsi-fungsi peralatan yang ada dimobil dan bagaimana menggunakannya secara sigap dan cepat bila terjadi kebakaran.

JAKARTA – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Hading-538 disimulasikan mengalami musibah “kebakaran” saat sandar di Dermaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News