Dengan Cara ini, Risiko Tekanan Darah Tinggi Setelah Hamil Bisa Dikurangi

Dengan Cara ini, Risiko Tekanan Darah Tinggi Setelah Hamil Bisa Dikurangi
Ilustrasi

jpnn.com - DIABETES selama kehamilan, yang dikenal sebagai diabetes gestasional bisa mengakibatkan risiko seorang wanita terkena tekanan darah tinggi. Namun, Anda tak perlu panik. Untuk meminimalisir hal itu, diet sehat bisa membawa risiko tersebut kembali turun.

 

"Diet kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan daging merah terkait dengan risiko lebih rendah untuk diabetes gestational dan juga risiko lebih rendah untuk diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi," kata peneliti senior, Dr. Cuilin Zhang, seperti dilansir laman Fox News, Selasa (17/5).

 

Diabetes Gestational yang sering tidak memiliki gejala, memengaruhi sekitar 200 ribu wanita AS setiap tahun. Pada 1989-2011, para peneliti meneliti hampir 4 ribu wanita di Nurses Health Study II dengan riwayat diabetes gestasional.

Nah, 18 tahun kemudian, sebanyak 1.069 perempuan terkena tekanan darah tinggi. Sementara, wanita dengan diet sehat sekitar 25 persen lebih rendah mengalami tekanan darah tinggi dibandingkan mereka yang tidak menjalani diet sehat.

"Serat dari biji-bijian dan kacang-kacangan bisa membantu memperbaiki cara tubuh memproses gula dan menangani peradangan," kata Zhang.

Sebab, buah-buahan dan sayuran mengandung kalium yang tinggi dan vitamin K, asam askorbat dan antioksidan yang bisa membantu kinerja jantung dan pembuluh darah.

DIABETES selama kehamilan, yang dikenal sebagai diabetes gestasional bisa mengakibatkan risiko seorang wanita terkena tekanan darah tinggi. Namun,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News