Geser Solar ke Dexlite Bisa Hemat Rp 2 Triliun

Geser Solar ke Dexlite Bisa Hemat Rp 2 Triliun
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - SURABAYA – Bahan bakar minyak (BBM) jenis dexlite, Rabu (18/5) kemarin mulai dipasarkan di Jawa Timur (Jatim). BBM ber-cetane 51 dan kandungan sulfur maksimal 1.200 ppm itu diujicobakan di 18 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Surabaya, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, dan Lamongan.

Hingga akhir Mei, PT Pertamina akan menambah lokasi uji coba penjualan dexlite menjadi 20 SPBU. Sementara itu, hingga akhir tahun, sebanyak 248 SPBU di wilayah Jatim, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) juga akan menjual dexlite. ’

’Dexlite ini menyusul kesuksesan penjualan pertalite. Target awal kami, ada pergeseran konsumsi dari solar ke dexlite sampai 15 persen seperti yang sudah terjadi di Jakarta,’’ papar Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang.

Dexlite dijual Rp 6.650 per liter. Peluncuran BBM yang menyasar segmen tengah antara solar dan pertamina dex itu diharapkan akan menggeser konsumsi BBM kualitas rendah dalam jangka panjang.

Komposisi gasolin sebelumnya 92 persen masih dikuasasi premium. Mulai kemarin, premium diturunkan menjadi 76 persen secara nasional dan Jatim 74 persen.

Pada tahap awal uji coba di Jatim, dexlite diharapkan terjual 1,4 kiloliter (kl) per SPBU per hari.  Pertamina menargetkan komposisi premium hingga akhir tahun turun di kisaran 60 persen. ’’Tahun depan tinggal kepala empat (40 persen),’’ lanjut Bambang.

Hal yang sama akan diterapkan pada solar. Artinya, komposisi solar terus turun. Itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas konsumsi bahan bakar ke arah BBM ramah lingkungan serta mengurangi subsidi BBM.

Dengan target pergeseran konsumsi dari solar ke dexlite hingga 15 persen, Bambang mengaku negara dapat menghemat subsidi Rp 2 triliun. Namun, itu juga bukan berarti BBM kualitas rendah akan langsung ditiadakan. (rin)

SURABAYA – Bahan bakar minyak (BBM) jenis dexlite, Rabu (18/5) kemarin mulai dipasarkan di Jawa Timur (Jatim). BBM ber-cetane 51 dan kandungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News