Aher Yakin Venue PON 2016 Jabar Rampung Akhir Juni

Aher Yakin Venue PON 2016 Jabar Rampung Akhir Juni
Ilustrasi logo PON Jabar

jpnn.com - BANDUNG - Ketua Panitia Besar PON (PB PON) Ahmad Heryawan mengatakan bahwa pihaknya tengah berkerja keras memersiapkan semua venue bisa selesai dengan tepat cepat karena sudah dikejar waktu. Khususnya, SGBLA yang bangunannya sudah berdiri dengan kokoh, namun masih ditengah proses penyelesaian masalah hukum.

Bahkan ia menegaskan revitalisasi dan pembangunan venue-venue yang akan dipakai pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016, 17-29 September mendatang diyakini bisa diselesaikan pada akhir Juni mendatang.

“Awalnya satdion ini sudah dibangun, dan bangunan intinya sudah ada, tapi terkendala masalah hukum, sehingga dihentikan. Kami melihat ini potensi, sehingga kami lanjutkan, dan saat ini sedang proses kelanjutan pembangunan,” kata Aher -sapaan akrab Ahmad Heryawan- di kantor Gubernur Jawa Barat, Bandung, kemarin.

Selain SGBLA, Ahmad Heryawan yang juga sebagai Gubernur Jawa Barat, juga mengatakan ada beberapa venue masih dalam proses penyelesaian pembangunan tujuh cabang yang diselenggarakan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, seperti cabang Renang, Senam, Sepak Bola, Hokky, Taekwondo, Softball, Sepak Takraw,  Dia juga akan terus memastikan pemda berkomitmen dalam melaksanakan PON dan terus berkoordinasi.

Semua persiapan dan pembangunan venue untuk PON, Aher merincikan memerlukan anggaran sebesar Rp2,8 triliun dari APBD. Sedangkan, APBN menambahkan Rp135 miliar untuk penyelenggaraan. Sayangnya, dana tersebut belum cair.

"Saya tekankan biaya besar bukan penghamburan, misalnya Rp800 miliar untuk penyelenggaraan. Infrastruktur venue ini memang jalan penunjang venue. Pasalnya, kondisi struktur tempat untuk diselenggarakan perlombaan masih sekitar 80 persen," ungkapnya.(bam/ray/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News