Anak Usaha Pertamina Incar Migas Papua Barat

Anak Usaha Pertamina Incar Migas Papua Barat
Pertamina. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Potensi cadangan migas di wilayah timur Indonesia, tepatnya di Papua Barat menjadi incaran EP Pertamina. Saat ini, anak usaha PT Pertamina yang bergerak di bidang hulu migas itu tengah melakukan pemetaan bawah permukaan bumi alias seismic.

Program pemetaan yang diberi nama Seismik 2D Kupalanda yang telah disetujui SKK Migas sejak 2012 ini memiliki total panjang lintasan 431 kilometer. Yakni di  Kabupaten Sorong Selatan yang masuk ke Distrik Kokoda dan Kabupaten Teluk Bintuni yang terdiri atas 4 distrik (Kamundan, Wiriagar, Tomu, dan Aranday).

“Seismic 2D Kupalanda yang dimulai Desember 2015 dan direncanakan berakhir pada Agustus 2016 ini untuk menemukan cadangan migas baru di wilayah timur Indonesia. Seismic terakhir yang dilaksanakan oleh Pertamina EP di Papua dilakukan sekitar 1998,” ujar Muhammad Baron, Public Relation Manager Pertamina EP di Jakarta kemarin.

Lokasi area operasi merupakan dataran rendah dengan vegetasi rawa sagu di sebelah selatan hutan dan hutan tropis di wilayah utara dengan kontur perbukitan. Area survei juga dilintasi oleh tiga sungai besar. Yakni Sungai Kamundan, Wiriagar, dan Arandai.

“Ditinjau dari kondisi permukaan operasi, strukturnya adalah sebagian besar berupa lumpur bercampur pasir dengan beberapa lokasi berupa tanah gambut khas hutan hujan tropis,” katanya. (lum)


JAKARTA – Potensi cadangan migas di wilayah timur Indonesia, tepatnya di Papua Barat menjadi incaran EP Pertamina. Saat ini, anak usaha PT


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News