MEMBANGGAKAN! Film Indonesia Sabet Piala di Cannes 2016

MEMBANGGAKAN! Film Indonesia Sabet Piala di Cannes 2016
Mendikbud Anies Baswedan. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA--"Prenjak, In The Year Of Monkey" film pendek yang dikirim Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbang Film) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk mewakili Indonesia dalam ajang Cannes Film Festival 2016, berhasil sabet piala. 

Prenjak mendapatkan penghargaan The Leica Cine Discovery Prize Cannes 2016. Ini merupakan penghargaan tertinggi untuk kategori film pendek dalam event Cinema de la Critic atau Cannes Critic's Week. Kemenangan tersebut diumumkan Jumat (20/5) di Cannes, Perancis.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan yang menerima laporan dari delegasi Indonesia, menyambut baik kemenangan ini. Delegasi Indonesia yang dikirim Pusbang Film Kemdikbud ke Cannes Perancis berjumlah 14 orang dari unsur insan perfilman, wartawan dan tim Kemdikbud. 

"Penghargaan terbaik untuk film pendek 'Prenjak' dari Festival Film Cannes di Perancis ini sangat membanggakan. Selain karena pertama kalinya, Indonesia meraih pernghargaan terbaik kategori ini di Cannes, juga momentumnya bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei. Semoga ini benar-benar menjadi spirit kebangkitan film dan kreativitas Bangsa Indonesia," kata Mendikbud Anies Baswedan di Jakarta, Jumat (20/5).

Prenjak menarik perhatian sekitar 300 penonton dalam premiere yang digelar 15 dan 16 Mei di Theatre Miramar, Cannes, Perancis. Total Prenjak dijadwalkan diputar sebanyak tiga kali sepanjang berlangsungnya festival film paling bergengsi di Benua Eropa tersebut.

Film karya sutradara asal Yogyakarta Wregas Bhanuteja ini bercerita tentang usaha keras seorang perempuan di tahun 1980-an untuk membebaskan diri dari belenggu keterbatasan ekonomi, mencari uang untuk membiayai hidup keluarganya. (esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News