Megawati Akan Buka Try Out PTN Serentak

Megawati Akan Buka Try Out PTN Serentak
Presiden RI Ke-5 yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Presiden RI Ke-5 yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan membuka acara Try Out Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)  di Gor Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (21/5).

Acara try out nasional yang digagas PDI Perjuangan ini diikuti kurang lebih 200 ribu peserta SLTA/sederajat di 34 provinsi seluruh Indonesia. ‎”Program ini merupakan bukti dan komitmen PDI Perjuangan, khususnya Bidang Pemuda dan Olahraga (Pora), pada dunia pendidikan dan generasi muda bangsa Indonesia,” ujar Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga, Sukur H Nababan, Jumat (20/5).

Menurut Sukur, langkah konkrit Try Out ini juga menjadi cita-cita PDI Perjuangan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara. Try Out ini bisa menjadi sarana‎ para siswa SLTA/sederajat menghadapi SMBPTN agar berhasil masuk PTN favorit terbaik di Indonesia.

Sukur menjelaskan, tujuan dari try out ini, antara lain mempersiapkan mental dan psikologi para siswa pada saat menghadapi SBMPTN kerena suasana Try Out sama dengan suasana pada saat SBMPTN nanti.

Selain itu, mempersiapkan para siswa cara pengisian data-data pribadi dan data pengisian lembar jawaban pada saat SBMPTN nanti. Karena banyak siswa melakukan kesalahan pada saat mengisi data-data dan lembar jawaban. “Ini menjadi alat ukur para siswa mengenai kemampuan dan tujuan perguruan tinggi. Karena kami membuat soal-soal yang terukur dan identifikasi PTN saat Try Out,” katanya.

Anggota Komisi V DPR RI ini menambahkan, program ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman para siswa dalam menentukan universitas unggulan misalnya daya tampung dan grade universitas.

Program edukasi ini adalah komitmen PDI Perjuangan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memfasilitasi para siswa SLTA/sederajat dalam menghadapi SBMPTN nanti. Karena itu, materi Try Out yang disajikan mirip soal yang keluar dalam SBMPTN sepuluh tahun terakhir. “Semoga Try Out ini menjadi motor perubahan bagi Indonesia,” katanya.(fri/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News