Unpad Beri Gelar Doktor Kehormatan ke Bu Mega

Unpad Beri Gelar Doktor Kehormatan ke Bu Mega
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat menerima Rektor Unpad Prof Dr Tri Hanggono Achmad di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (20/5). Foto: PDIP for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung tengah menyiapkan geral doktor honoris causa (HC) untuk Presiden RI Kelima, Megawati Soekarnoputri. Rencananya, Unpad akan memberikan gelar doktor HC bidang politik dan pemerintahan ke ketua umum PDI Perjuangan itu pada Rabu pekan depan (25/5) .

Untuk itu, Rektor Unpad Prof Dr Tri Hanggono Achmad menemui Megawati di rumahnya, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (20/5). Ia didampingi tim promotor yang terdiri dari Prof Dr. Obsatar Sinaga MSI, Prof. Oekan S. Abdoellah MA, PhD, dan Dr. Arry Bainus MA.

Hanggono menjelaskan, pemberian gelar doktor kehormatan untuk Megawati merupakan bentuk pengakuan atas kiprah putri Proklamator RI, Ir Soekarno tersebut dalam membawa Indonesia melalui masa transisi demokrasi. Menurut Hanggono, tak mudah membawa Indonesia melewati masa-masa penuh tantangan.

“Ibu Megawati Soekarnoputri mampu membawa stabilitas politik, dan mengatasi tantangan perekonomian nasional akibat krisis Ekonomi yang berkepanjangan," katanya usai bertemu Megawati untuk menyerahkan toga untuk prosesi pemberian gelar doktor HC pekan depan.

Meski demikian, penelitian Unpad tentang kiprah Megawati tidak terbatas saat menjadi Presiden RI. Hanggono menjelaskan, Unpad mengkaji pemikiran-pemikiran Megawati semasa memimpin PDI di era Orde Baru, menjadi presiden periode 2001-2004, serta setelah lengser dan memimpin PDI Perjuangan yang konsisten dalam menjalankan program kerakyatan.

Sedangkan Obsatar Sinaga menjelaskan, Megawati akan menyampaikan pidato pengukuhan berisi gagasan besarnya dalam demokrasi. "Keseluruhan gagasan kenegarawanan, pemikiran politik, dan gagasan besar dalam konsolidasi demokrasi yang menjadi inti pemikiran Megawati Soekarnoputri akan disampaikan dalam pertanggungjawaban akademik,” ujarnya.

Ia berharap agar Unpad bisa mengembangkan keseluruhan pemikiran Megawati dalam bidang politik dan pemerintahan. “Sehingga menjadi bahan pengetahuan yang melengkapi teori dalam ilmu politik,” katanya.

Bagi Megawati, gelar doktor HC dari Unpad itu merupakan yang keempat. Sebelumnya, pemilik nama lengkap Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri itu juga pernah mendapat gelar doktor kehormatan dari perguruan tinggi di luar negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News