HEBAT! TNI AD Bikin Tiongkok dan Jepang Takluk

HEBAT! TNI AD Bikin Tiongkok dan Jepang Takluk
Kontingan TNI AD tampil sebagai Juara Umum Lomba Tembak bergengsi antar Angkatan Darat dari 20 negara yang diselenggarakan oleh Angkatan Darat Australia (Royal Australian Army) bertajuk Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM). Kejuaraan ini berlangsung selama 16 hari, 3-Mei 2016 di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia. FOTO: Puspen TNI for JPNN.com

jpnn.com - VICTORIA – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), kembali menorehkan prestasi gemilang di pentas internasional. Kali ini, TNI AD tampil sebagai Juara Umum Lomba Tembak bergengsi antar Angkatan Darat dari 20 negara.

Kejuaraan ini diselenggarakan oleh Angkatan Darat Australia (Royal Australian Army) bertajuk Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM) yang berlangsung selama 16 hari, 3-Mei 2016 di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia.

Menurut Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabidpenum) Puspen TNI Kolonel Czi Berlin, TNI AD keluar sebagai Juara Umum AASAM tahun 2016 setelah meraih 23 medali emas dari 50 medali emas di berbagai materi lomba tembak yang diperebutkan.

Sebagai runner up adalah kontingen dari Angkatan Darat Tiongkok dengan perolehan 9 emas disusul peringkat ketiga yaitu kontingen dari Angkatan Darat Jepang yang memperoleh 4 medali emas.

“AASAM 2016 diikuti oleh 20 negara maupun gabungan negara seperti Kontingen ANZAC (Autralia New Zealand Army Corps),” ujar Berlin.

Berlin menjelaskan negara-negara yang ikut berpartisipasi pada lomba tembak internasional tahunan ini antara lain Amerika Serikat, Perancis, Kanada,  United Kingdom, Australia, Tiongkok, Jepang, Uni Emirat Arab, PNG, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, dan Indonesia.

Ia menuturkan Kontingen TNI AD pada AASAM 2016 ini berjumlah 19 orang dipimpin oleh Mayor Inf. Syafruddin (Akmil 2000) yang sehari-hari menjabat Kasiops Sops Divisi 1 Kostrad. Sedangkan sebagai Komandan AASAM 2016 adalah Letkol Angus Bell selaku Perwira Menengah dari Angkatan Darat Australia.

“Selama berpartisipasi pada Lomba Tembak AASAM, TNI AD senantiasa menjadi juara umum sejak pertandingan di Puckapunyal 2008, dengan menggunakan senjata jenis SS-2 V4 buatan PT Pindad yang merupakan senjata organik pasukan Kostrad,” ujar Kolonel Czi Berlin.(fri/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News