Bendera Catalan Bakal Berkibar di Madrid

Bendera Catalan Bakal Berkibar di Madrid
Bendera Catalan yang terpasang di salah satu flat di Barcelona. Foto: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com, BARCELONA - Bendera Catalan akan tetap berkibar pada final Copa Del rey antara Barcelona kontra Sevilla di Vicente Calderon, Minggu (22/5). Sebab, Barcelona sukses memenangkan banding.

Dalam sepekan terakhir, bendera Catalan memang menjadi perdebatan. Pengadilan Madrid sempat melarang fans Barcelona mengibarkan bendera Catalan di dalam stadion.

Namun, Barcelona tak tinggal diam. Mereka mengajukan banding dan menuduh delegasi dari komunitas Madrid melanggar hak untuk kebebasan berekspresi.

"Kami telah memilih simbol ini karena menyoroti perlakuan berbeda yang diterima Catalan dari Spanyol, dibandingkan dengan perlakuan pemerintah Inggris-Skotlandia. Ini soal kebebasan berekspresi," tulis Pengadilan Spanyol dikutip Four Four Two.

Bendera yang dikenal sebagai Estelada merupakan wujud dari kemerdekaan Catalan. Wilayah tersebut memang sudah sejak lama ingin memisahkan dari Spanyol. Mereka pun sudah memiliki bendera sendiri dan bahkan di sepak bola telah memiliki timnas. (ies/jos/jpnn)

 


BARCELONA – Bendera Catalan akan tetap berkibar pada final Copa Del rey antara Barcelona kontra Sevilla di Vicente Calderon, Minggu (22/5).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News