Awas! Penerimaan Siswa Baru Jangan Bikin Ortu Stres

Awas! Penerimaan Siswa Baru Jangan Bikin Ortu Stres
Siswa SD. Foto ilustrasi dok.Jawa Pos Group

jpnn.com - SAMPIT – Di sejumlah sekolah, masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah dimulai.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalteng,  Rudianur mengingatkan semua jajaran satuan pendidikan di Kotim untuk tidak menjadikan masa PPDB sebagai hal yang menakutkan bagi orang tua. 

Hal ini karena kerap muncul kebijakan pihak sekolah terkait biaya yang cukup besar, yang harus dikeluarkan para orang tua murid.

"Terutama ini masalah seragam juga jangan sampai menjadi keluhan kepada kami di lembaga, mengingat persoalan dari tahun ke tahun selalu muncul.

Saya lebih sepakat seragam sekolah  langsung dibebankan kepada orang tua murid dengan membeli sendiri untuk menghindari berbagai tuduhan dan sebagainya,” imbuh Rudianur, kemarin.

Dia juga mengingatkan agar masa orientasi perserta didik (MOPD) tahun ini, Kotim mesti bebas dari aksi perpeloncoan oleh seniornya. Dia mulai mengendus jika aksi perpeloncoan setiap tahun di Kotim masih ada, dan bakalan terjadi kembali jika tidak diantisipasi bersama. Padahal kegiatan demikian sudah ketinggalan dari sistem pendidikan.

"Masih ada tindakan perpeloncoan yang tujuannya membuat mental anak didik itu kurang baik. Coba lihat apa implikasinya, anak disuruh berpakaian aneh-aneh ke sekolah, saya menilai hal ini kurang baik dan saya sangat tidak sepakat,” tegasnya.

Ditambahkannya, mereka di DPRD Kotim juga sudah mulai mendapatkan keluhan dari orang tua, yakni mulai adanya wacana untuk penebusan baju batik  di salah satu sekolah di Kotim. 

SAMPIT – Di sejumlah sekolah, masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah dimulai. Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Kotawaringin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News