Rano Akui Tryout SBMPTN PDIP Ajang Sosialisasi

Rano Akui Tryout SBMPTN PDIP Ajang Sosialisasi
Rano Karno. Foto: dok jpnn

jpnn.com - SERANG – Gubernur Banten Rano Karno sempatkan mengunjungi tryout Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang digelar PDI Perjuangan di wilayahnya kemarin, Sabtu (21/5). Kegiatan ini digelar secara serentak di seluruh kantor DPC PDIP se-Indonesia.

Rano bantah tryout SBMNPTN merupakan bagian dari strategi pemenangan pilkada PDIP. Namun dia tak menampik salah satu tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan partainya kepada para calon mahasiswa.

“Enggak, bukan tujuan politik, kalau dikatakan sosialisasi mungkin iya, tapi sosialisasi lebih kepada pendidikannya sesuai intruksi Ibu (Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri),” kilahnya saat ditemui di lokasi tryout DPC Kabupaten Serang.

Rano pun berargumen bahwa target 500 peserta per tryout terlalu sedikit jika dimaksudkan untuk meraup suara di pilkada. Meski, tambah pria yang berencana maju pemilihan kepala daerah mendatang ini, jika digabungkan secara nasional jumlah peserta mencapai 30 ribu calon mahasiswa.

Rano mengatakan, pendaftar tryout di DPC PDI Perjuangan Kabupaten Serang mencapai 285 orang. Kurangnya pendaftar atau tidak sesuai target sebanyak 500 orang per DPC, dipicu berbenturan dengan jadwal liburan. Terlebih, tambah Rano, Kabupaten Serang merupakan wilayah industri yang memungkinkan siswa setelah lulus enggan melanjutkan ke perguruan tinggi, melainkan memilih langsung bekerja. 

“Tryout ini menjadi bagian dari evaluasi. Ke depan, kita akan siapkan tryout untuk peserta UAN (ujian akhir nasional),” ujarnya.

Rano tiba di lokasi sekira pukul 11.00 WIB. Kunjungan Rano hanya sebentar tidak lebih dari 15 menit karena harus mengejar kunjungan berikutnya, yakni tryout di Cilegon. Meski terlihat terburu-buru, Rano menyempatkan diri membacakan undian doorprize yang disediakan panitia untuk peserta tryout yang merupakan lulusan sekolah dari berbagai SMA, MA, dan SMK. (zai/dil/jpnn)


SERANG – Gubernur Banten Rano Karno sempatkan mengunjungi tryout Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang digelar PDI Perjuangan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News