Indonesia dan ASEAN Desak Kerjasama Internasional untuk Akhiri Konflik

Indonesia dan ASEAN Desak Kerjasama Internasional untuk Akhiri Konflik
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangiley (kedua dari kanan depan) dan Sekjen ASEAN Le Luong Minh yang memimpin delegasi ASEAN dalam WHS di Istanbul Turki. FOTO: Suhendro Boroma/jpnn.com

jpnn.com - LAPORAN SUHENDRO BOROMA dari Istanbul, Turki

ISTANBUL- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangiley akan memimpin delegasi ASEAN pada World Humanitarian Summit (WHS) yang resmi dibuka hari ini (23/5) hingga Selasa (24/5) di Istanbul, Turki. 

Menurut Willem, dalam forum ini, ASEAN akan mendesak peningkatan kerjasama internasional untuk mengakhiri konflik, menangani korban  atas dasar kemanusiaan, dan membantu korban agar bisa mandiri. 

“ASEAN dan khususnya Indonesia akan memperjuangkan kesungguhan kerjasama internasional untuk melakukan mitigasi dan penanganan korban bencana," katanya.

Menurutnya, ASEAN dan Indonesia akan memanfaatkan forum ini untuk memberi kontribusi bagi penanganan masalah kemanusiaan. Selain itu Willem mengaku pihaknya juga akan memperjuangkan kepentingan Indonesia di WHS.

Willem didampingi Sekjen ASEAN Le Luong Minh memimpin Informal ASEAN  Ministerial Meeting on Disaster Management (AMMDM) untuk mempersiapkan Kesepakatan Bersama ASEAN yang akan disampaikan pada WHS. 

Kegiatan tersebut dihadiri pejabat senior dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Kamboja, dan Brunei Darussalam. 

Dalam satu dasawarsa terakhir, ASEAN berhasil menjadi kawasan yang stabil dan maju ekonominya. "ASEAN sudah jadi model kerjasama kawasan dan  pemain kunci di tingkat global," tuturnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News