ISIS Undang Ratusan Orang jadi Saksi Eksekusi 20 Warga

ISIS Undang Ratusan Orang jadi Saksi Eksekusi 20 Warga
Eksekusi massal ala ISIS. Foto: aranews

jpnn.com - MOSUL - Sebanyak 20 warga sipil di Kota Mosul, Irak menjadi korban eksekusi kelompok militan ISIS, Minggu (22/5). Mereka terdiri dari 19 pemuda dan satu wanita.

Sejumlah aktivis HAM menyebutkan, mereka ditangkap polisi ISIS pekan lalu dengan beragam tuduhan. Mahkamah ISIS juga resmi mengedarkan alasan mereka mengeksekusi 20 warga tersebut.

"Wanita itu dituduh melakukan perzinahan, sembilan orang yang dituduh mata-mata untuk pihak yang bermusuhan, dan sepuluh orang lainnya ditangkap atas tuduhan murtad dan melanggar peraturan ISIS di Mosul," kata seorang aktivis, Abdullah al-Malla, seperti dilansir dari Ara News, Senin (23/5).

Proses ekseskusinya juga terbilang mencekam. "Ratusan warga sengaja diundang untuk menyaksikan eksekusi brutal itu. Mereka kemudian dieksekusi oleh regu tembak," kata Malla.

Eksekusi ini terjadi hanya satu hari setelah ISIS memenggal tiga warga sipil di provinsi Nineveh atas tuduhan mata-mata. 

"Dengan eksekusi tersebut, ISIS sedang mencoba untuk mengirim pesan bahwa mereka masih kuat dan mampu mengungkap upaya apapun untuk membocorkan informasi keamanan tentang kegiatannya," kata kepala media center Nineveh, Raafat al-Zarari. (adk/jpnn)


MOSUL - Sebanyak 20 warga sipil di Kota Mosul, Irak menjadi korban eksekusi kelompok militan ISIS, Minggu (22/5). Mereka terdiri dari 19 pemuda dan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News