Menpar: Sport Tourism Kenalkan 10 Top Destinasi

Menpar: Sport Tourism Kenalkan 10 Top Destinasi
Tour de Flores 2016. Foto: indonesia.travel

jpnn.com - LABUAN BAJO - Sport Tourism menjadi salah satu andalan untuk memperkenalkan 10 Top Destinasi pariwisata prioritas. Itulah kata sepakat Menpar Arief Yahya dan Menpora Imam Nahrawi, saat penutupan Tour de Flores 2016, Senin, 23 Mei 2016. Terutama olahraga yang ada unsur fun, memperlihatkan keindahan alam, dan diminati banyak peserta mancanegara, seperti cycling, marathon, half marathon, 10K, triathlon, golf, dan segala modifikasinya.

"Tour de Flores 2016 misalnya, saya bertemu dengan puluhan reporter dan fotografer dari China, ada Xinhua, CNS, CCTV, media dari Hongkong, Shenyang, Shanghai, dan lainnya. Mereka exciting melihat alam, sepanjang race dari Larantuka ke Labuan Bajo. Mereka pasti membuat laporan di media yang dibaca oleh orang-orang Tiongkok," kata Menpar Arief Yahya di Labuan Bajo. 

Tour de Flores adalah event internasional pertama dan terbesar selama ini di Indonesia Timur. Media-media internasional juga terus melaporkan event ini, lengkap dengan foto dan video yang sangat menantang. "Tahun depan sudah pasti, akan lebih banyak dan lebih seru lagi tim cycling yang akan tampil di TDF 2016," paparnya. 

Selain cycling, marathon juga sedang ngetop di kalangan anak-anak muda. Mereka bukan untuk mencari juara, mengejar hadiah utama, atau ngotot untuk mendapatkan posisi terhebat. Marathon sudah menjadi life style, gaya hidup yang sehat dan menjaga kebugaran. 

"Kita sudah punya kalender yang besar, seperti Jakarta Marathon, Borobudur Marathon, Bali Marathon dan diikuti oleh marathon yang lain di banyak daerah. Jika ini dilangsungkan di destinasi wisata, akan mendapat banyak benefit. Media ekspose nya besar, media valuenya besar, destinasinya terkenal, masyarakatnya juga terhibur. Jadi hiburan gratis buat masyarakat," kata dia. 

Hal serupa terjadi di golf juga. Musim hujan yang tengah mengguyur kawasan Batam, Bintan, Kepualaun Riau, tak membuat peminat wisata golf di sana sepi peminat. Pada WTM Connect Asia di Penang, Malaysia, 19-21 Maret silam, sekitar 23 perusahaan tour and travel Asia dan Eropa banyak yang menyatakan ketertarikannya untuk membeli paket wisata golf Batam.

“Mau hujan pun, itu bukan penghambat. Ada 23 perusahaan tour and travel Asia dan Eropa yang sudah menyatakan ketertarikannya saat kami digandeng Kemenpar ikut WTM Connect Asia di Penang, Malaysia. Saat ini sedang kami follow up hasil pertemuan di Penang,” terang Anddy Fong, General Manager Batam View, Senin (23/5).

Yang membuat Anddy happy, minat wisata golf tadi sudah tak lagi didominasi travel tour atau travel agent asal Singapore dan Malaysia, dua negara yang tak pernah absen hadir ke Batam saat akhir pekan menyapa. Denmark, Jepang, Tiongkok serta Inggris, kini sudah mulai ikut nimbrung memburu info dan harga paket seputar wisata golf di Batam.

LABUAN BAJO - Sport Tourism menjadi salah satu andalan untuk memperkenalkan 10 Top Destinasi pariwisata prioritas. Itulah kata sepakat Menpar Arief

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News