Tujuh Tahun Berjuang untuk Boleh Telanjang di Tempat Umum

Tujuh Tahun Berjuang untuk Boleh Telanjang di Tempat Umum
Ilustrasi. Pixabay.com

jpnn.com - LUAR biasa perjuangan sekelompok orang Spanyol ini untuk memperoleh hak ’’buka-bukaan" di tempat umum. Tujuh tahun lamanya mereka yang tergabung di dalam Federasi Naturisme Spanyol itu memperjuangkan hak untuk nudist alias buka baju (seluruhnya). Di sebuah pantai di Cadiz 

Tapi, Pemerintah Kota (Pemkot) Cadiz melarang. Aturan itulah yang mereka gugat sejak tujuh tahun lalu. Akhirnya, perjuangan mereka kandas di pengadilan tertinggi: Mahkamah Agung (MA) Spanyol. 

MA menyatakan bahwa Pemkot Cadiz punya kekuasaan untuk mengatur penggunaan peralatan, infrastruktur, fasilitas, layanan, dan area publik yang dimiliki. 

''Federasi Naturisme gagal meyakinkan bahwa saat ini praktik ketelanjangan telah diterima oleh mayoritas orang yang pergi ke pantai," demikian kutipan putusan MA Spanyol.

Sudah pasti keputusan tersebut bertentangan dengan keyakinan para anggota federasi. Bagi mereka, telanjang itu bagian dari hak kebebasan berpendapat yang dijamin konstitusi Spanyol. 

Tapi, putusan MA tersebut hanya berlaku di pantai yang masih masuk wilayah Kota Cadiz. Di luar batas kota, bebas. Bisa dipastikan para kaum penyuka buka baju akan berbondong-bondong pindah ke pantai itu. Diikuti para penyuka kaum penyuka buka baju... (AP/sha/c6/ttg) 


LUAR biasa perjuangan sekelompok orang Spanyol ini untuk memperoleh hak ’’buka-bukaan" di tempat umum. Tujuh tahun lamanya mereka


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News