Lihat nih, Bu Susi Beraksi di Forum Internasional

Lihat nih, Bu Susi Beraksi di Forum Internasional
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti saat menjadi pembicara di forum internasional. Foto dok Humas KKP

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mendorong kejahatan perikanan, sebagai kejahatan transnasional perikanan terorganisir. Ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga visi pemerintah RI sebagai poros maritim dunia.

Keseriusan Indonesia terhadap isu itu diangkat dalam pertemuan Sesi ke-25 Komisi Pencegahan Kejahatan dan Peradilan Pidana, yang digelar di Wina, Austria, Senin (23/5) waktu setempat.

Dalam forum internasional itu, Indonesia hadir sebagai negara pelopor dalam pemberantasan kejahatan transnasional perikanan yang terorganisir.
 
Menteri KKP Susi Pudjiastuti hadir sebagai Ketua Delegasi Indonesia menyatakan, penangkapan ikan secara ilegal, tidak dilaporkan dan tidak diatur telah terbukti menjadi pintu masuk kejahatan.
 
"Misalnya, tindak pidana perdagangan orang, penyelundupan dan perdagangan obat-obatan terlarang, flora dan fauna yang dilindungi dan terancam punah. Serta barang-barang impor ilegal, tindak pidana pencucian uang, pemalsuan dokumen dan tindak pidana korupsi," ujar Susi dalam forum itu.

Karena itu, sambung Susi, pemerintah Indonesia terus mendorong negara-negara di dunia untuk melakukan langkah konkrit dalam memberantas kejahatan perikanan, maupun yang terkait perikanan secara efektif.

Salah satu caranya kata Susi, yakni dengan meningkatkan kerjasama internasional melalui peningkatan kapasitas secara nasional, regional dan internasional. (chi/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mendorong kejahatan perikanan, sebagai kejahatan transnasional perikanan terorganisir. Ini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News