Pangarmabar: Kebersamaan Mutlak Dalam Memajukan Wilayah Pesisir

Pangarmabar: Kebersamaan Mutlak Dalam Memajukan Wilayah Pesisir
Pangarmabar Laksamana Muda TNI A. Taufiq R., memimpin pelaksanaan panen raya ikan hasil budidaya keramaba di Paluh Pisang, Belawan, Sumatera Utara, Selasa (24/5). FOTO: Dispen Koarmabar for JPNN.com

jpnn.com - BELAWAN – Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI A. Taufiq R mengatakan kebijakan pemerintah dalam rangka pembangunan kemaritiman menjadikan bidang kelautan sebagai tujuan utama pembangunan nasional. Untuk itu, diperlukan kebersamaan serta berintegrasi membangun dan mengembangkan wilayah pesisir, pulau-pulau terluar atau terpencil.

“Kebersamaan sangat penting untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia yang mampu mengelola dan mengamankan semua potensi sumber daya laut yang dimiliki demi kesejahteraan masyarakat,” kata Pangarmabar Laksamana Muda TNI A. Taufiq R, saat memimpin pelaksanaan panen raya ikan hasil budidaya keramba di Paluh Pisang, Belawan, Sumatera Utara, Selasa (24/5).

Menurutnya, potensi sumber daya alam laut yang besar tidak akan bermanfaat tanpa didukung oleh pengetahuan dalam pengelolaan, pemanfaatan, pelestarian dan kesadaran serta komitmen yang tinggi oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia dalam menangani kekayaan laut.

Untuk itu, seluruh komponen bangsa harus memiliki komitmen bahwa laut dapat menyejahterakan ekonomi rakyat  Indonesia. Juga turut serta mendukung program pemerintah dalam kedaulatan pangan dengan cara budidaya ikan, rumput laut dan konservasi terumbu karang untuk menjaga ekosistem serta kelestarian alam bawah laut.

Sebagai pilar dalam menjaga kedaulatan negara di laut, diharapkan TNI Angkatan Laut beserta instansi maritim dapat bekerja sama dalam menjaga keamanan perairan Indonesia khususnya di wilayah Sumatera Utara dan turut serta dalam menjaga kelestarian habitat dan ekosistem laut yang ada di dalamnya, ujar Panglima berbintang dua ini.

Disamping panen raya ikan sebanyak dua puluh ton dan kerang dua ton di Lantamal I Belawan, kegiatan panen raya juga telah dilaksanakan di pangkalan jajaran Koarmabar.  Di antaranya di Lantamal II Padang melaksanakan panen raya kepiting dengan hasil kurang lebih setengah ton.

Sedangkan Lantamal III Jakarta melaksanakan panen raya udang dan bandeng dengan hasil kurang lebih sembilan ton. Sementara itu, Lantamal IV Tanjungpinang melaksanakan panen raya rumput laut sebanyak seratus ton.(fri/jpnn)

BELAWAN – Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI A. Taufiq R mengatakan kebijakan pemerintah dalam rangka


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News