Bentrok di Timika, Dua Warga Luka, Dua Rumah Dibakar

Bentrok di Timika, Dua Warga Luka, Dua Rumah Dibakar
Sejumlah kelompok warga terlibat bentrok di Jalan Budi Utomo, Timika. Foto: Radar Timika

jpnn.com - TIMIKA - Bentrok antarwarga pecah di Jalan Budi Utomo, Kota Timika, Selasa (24/5), sekitar pukul 13.25 WIT. Kejadian tersebut diduga karena buntut dari kasus pemukulan yang terjadi pada dua anak laki-laki asal Toraja, Senin (23/5) di Jalan Busiri Ujung sekitar pukul 14.00 WIT kemarin. 

Dalam bentrok kemarin, dua unit rumah warga dibakar ditambah satu unit sepeda motor, bahkan dua orang warga dikabarkan mengalami luka. Massa dari salah satu kelompok pemuda lebih dulu merengsek ke Jalan Budi Utomo dan berkumpul di depan Bank BRI. Massa sempat terlibat adu mulut dengan petugas kepolisian yang sedang berjaga di situ. Aksi ini sempat membuat lalulintas macet total. 

Beberapa saat setelah itu pihak kepolisian dapat menghalau massa pergi. Namun tak lama berselang, massa nyaris bentrok lagi di Jalan Budi Utomo. Kali ini dengan kelompok pemuda dari Jalan Patimura ujung karena tidak tahu persoalan apa-apa, kelompok pemuda ini pun mulai bersiaga di depan jalan dekat perempatan Jalan Pattimura dan Budi Utomo. 

Kelompok massa dari kelompok lain sempat memalang Jalan Budi Utomo dengan batu. Situasi sempat tegang dan dan tidak ada satupun kendaraan yang berani melintas di di situ, lantaran massa mempersenjatai diri dengan panah wayer dan parang. 

Anggota polisi yang berjaga di sekitar TKP bahkan sempat kewalahan menenangkan massa. Selang beberapa menit kemudian, Kapolres Mimika AKBP Yustanto Mujiharso, SIK MSi sampai di  TKP dan berusaha menenangkan kemudian menenangkan massa. 

Kapolres meminta kepada masyarakat agar membukakan palang jalan. "Saya harap kita semua bisa tenang. Jangan sampai ada keributan lagi. Kami akan menjaga saudara mereka dan keamanan saudara. Saya mohon dibuka palang jalannya," ujar Kapolres. 

Namun massa yang masih emosi belum bisa ditenangkan. Namun setelah ditenangkan oleh tokoh masyarakat, massa pun  akhirnya bersedia membuka palang jalan. Situasi kembali berangsur kondusif. Tampak dua mobil Barakuda dari Korps Brimob masih berjaga-jaga, serta puluhan anggota polisi dari Polres Mimika dan Polsek Mimika Baru masih tetap berjaga di lokasi kejadian.

Sekitar sore pukul 04.45 WIT, Kapolres datang bersama beberapa anggota Brimob dan sempat bertemu dengan Kepala Suku Kei, Pit Rafra untuk membahas persoalan yang terjadi. Dan Kapolres meminta agar para tokoh untuk bisa menenangkan warganya.

TIMIKA - Bentrok antarwarga pecah di Jalan Budi Utomo, Kota Timika, Selasa (24/5), sekitar pukul 13.25 WIT. Kejadian tersebut diduga karena buntut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News