Awas, Obat Antijamur Beresiko Keguguran

Awas, Obat Antijamur Beresiko Keguguran
Ilustrasi. Foto: dok.JPNN

Para ibu harus berhati-hati jika dokter memberikan resep flukonazol. Itu adalah jenis obat antijamur selama kehamilan. Tapi, obat itu bisa meningkatkan risiko keguguran. Hal ini diperingatkan AS Food and Drug Administration (FDA).  Flukonazol atau yang dikenal juga dengan nama Diflucan digunakan untuk mengobati infeksi jamur Ms. V.

"Pasien yang sedang hamil atau yang sedang aktif berusaha untuk hamil harus berbicara dengan profesional perawatan kesehatan mereka tentang pilihan pengobatan alternatif untuk infeksi ragi," kata FDA, seperti dilansir laman Health.

FDA juga mengatakan sedang mengevaluasi hasil dari sebuah studi Denmark baru-baru ini. Studi itu menyatakan adanya hubungan antara flukonazol dan keguguran. Hasil evaluasi akan disampaikan setelah hasil pemeriksaan selesai. Namun, FDA tetap memastikan data saat ini menunjukkan bahwa 150 miligram (mg) dosis tunggal flukonazol oral masih aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Flukonazol akan berbahaya jika dikonsumsi 400 mg sampai 800 mg per hari selama kehamilan. Hal ini  juga dikaitkan dengan kelainan saat melahirkan.

" FDA menyarankan agar berhati-hati dalam mengonsumsi flukonazol oral pada kehamilan," jelas FDA. (fny/jpnn


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News