10 Ribu Pendekar Pagar Nusa Ikuti Apel Akbar

10 Ribu Pendekar Pagar Nusa Ikuti Apel Akbar
Ilustrasi. Foto: Jawa Pos.Com

jpnn.com - JAKARTA – Pagar Nusa punya gawe besar. Organisasi otonom Nahdlatul Ulama (NU) itu berencana menggelar apel akbar sepuluh ribu pendekar yang akan digelar di sejumlah daerah.

"Apel sepuluh ribu pendekar Pagar Nusa ini kami gelar di tujuh titik. Dimulai dari Lampung pada 31 Mei ini," ungkap Ketua Panitia apel sepuluh ribu pendekar Pagar Nusa Doddy Dwi Nugroho di Jakarta Rabu (25/5).

Menurut Doddy, kegiatan itu bukan sekadar ajang show off force bagi para pendekar Pagar Nusa. Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk menyolidkan komitmen para pendekar Pagar Nusa dalam membela Islam (NU) dan segenap bangsa Indonesia. "Ya, ini lebih dari sekadar pertunjukkan pendekar," tuturnya.

Tujuan pendirian Ikatan Pencak Silat NU atau Pagar Nusa memang untuk mengawal dan membentengi NU dan segenap bangsa Indonesia. Hal itu diamini Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj.

"Mengawal NU sebagai semangat agama, sebagai semangat keberagamaan kita. Kemudian mengawal NKRI sebagai semangat keberagaman bangsa Indonesia. Itulah Pagar Nusa," kata Said.

Dia juga menyebutkan hadist yang artinya: Barang siapa tidak punya tanah, tidak punya tanah air, tidak punya sejarah, maka tidak punya karakter.

"Sejarah itu dibangun di atas tanah. Kalau kita ingin mengukir sejarah, maka kita harus mencintai tanah air Indonesia," pungkasnya. (jos/jpnn)


JAKARTA – Pagar Nusa punya gawe besar. Organisasi otonom Nahdlatul Ulama (NU) itu berencana menggelar apel akbar sepuluh ribu pendekar yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News