Gubernur Baru Kepri Langsung Tebar Janji

Gubernur Baru Kepri Langsung Tebar Janji
Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun di Istana Negara, Rabu (25/5). Foto: Natalia Fatimah/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo akhirnya melantik Nurdin Basirun sebagai Gubernur Kepulauan Riau menggantikan almarhum M Sani. Pelantikan digelar di Istana Negara, Rabu (25/5).

Selain Nurdin, ada juga wakil gubernur di provinsi lain yang dilantik menjadi gubernur. Yakni Tengku Erry Nuradi sebagai Gubernur Sumatera Utara menggantikan Gatot Pujo Nugroho, serta Arsyadjuliandi Rachman sebagai Gubernur Riau pengganti Annas Maamun.

Pada kesempatan sama, Jokowi -sapaan Joko Widodo- juga melantik Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran. Ada pula dua wakil gubernur yang dilantik bersamaan dengan Nurdin, yakni Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib Said Ismail dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Paku Alam X.

Sedangkan Nurdin yang ditemui usai pelantikan berjanji akan melanjutkan program-program yang telah dicanangkan di era M Sani. Misalnya kelancaran akses pendidikan, penyediaan air bersih, pembangunan infrastruktur dan mendorong investasi. “Kita negara yang menang kalau ekonominya kuat,” katanya.

Namun, Nurdin dalam jangka pendek sudah punya agenda prioritas.  “Kita akan bisa menyelesaikan persoalan air dan listrik,” tegasnya.

Sementara saat ditanya soal calon Wakil Gubernur Kepri, Nurdin menyerahkannya ke mekanisme masing-masing partai politik pengusungnya. Namun demikian, mantan Bupati Karimun itu sudah punya kriteria untuk calon pendampingnya.

“Bisa membangun  komunikasi bersama, kerja keras, jujur, ikhas. Kerja sama dengan semuanya,” tegasnya.(flo/ara/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News