Siapa Bilang Polisi Larang Pakai Baju Ini? Dapat Pujian kok...

Siapa Bilang Polisi Larang Pakai Baju Ini? Dapat Pujian kok...
Ilustrasi. Foto: JawaPos.com

jpnn.com - JAKARTA - Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar membantah pihaknya telah mengeluarkan larangan pemakaian baju berlogo Turn Back Crime. Polri justru memuji masyarakat karena dengan memakai baju itu, ikut bersama dalam mengkampanyekan antikejahatan.

Boy mengatakan, penyebar informasi yang menyatakan Polri melarang warga memakai baju Turn Back Crime itu adalah informasi sesat.

"Kami menjelaskan kaus TBC merupakan program kampanye pencegahan kejahatan yang dirilis oleh interpol yang terdiri dari 190 negara," kata Boy, seperti dikutip dari JawaPos.com, Kamis (26/5).

Boy menambahkan, dirinya bahkan juga ikut mempopulerkan kaus yang berasal dari ide organisasi Interpol di Prancis itu. Tepatnya tahun 2014 saat kejahatan transnasional tengah merebak di mana-mana. "Tujuannya memang semangat pencegahan kejahatan yang lebih luas dan lebih masif," katanya.

"Karena menarik maka dipakai oleh reskrim saat bertugas. Namun itu bukan kaus polisi (uniform). Melainkan hanya kaus biasa yang populer di masyarakat saja," sambung eks Kapolda Banten ini.

Namun dia menegaskan, meski tidak ada larangan, masyarakat jangan sampai salah menggunakan baju berwarna biru tua itu. "Kami harap masyarakat tidak menyalahgunakan kaus itu. Sosialisasikanlah TBC itu yg memiliki makna pencegahan kejahatan," harapnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menegaskan bahwa kaus Turn Back Crime bukanlah seragam polisi bagian mana pun. Bahkan menurut dia, Interpol dari Lyon, Prancis, mengapresiasi warga Indonesia yang mensosialisasikan moto itu.

Terkait dengan meningkatnya kejahatan bermodus mengaku sebagai polisi dengan menggunakan kaus itu, Badrodin menyayangkan hal itu. "Sebenarnya moto itu kan untuk membangun semangat memberantas kejahatan, tapi malah untuk berbuat jahat," ujarnya.

JAKARTA - Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar membantah pihaknya telah mengeluarkan larangan pemakaian baju berlogo Turn Back Crime. Polri justru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News