Balon Wagub DKI: Terlalu Banyak Copy-Paste

Balon Wagub DKI: Terlalu Banyak Copy-Paste
Balon Wagub DKI: Terlalu Banyak Copy-Paste

jpnn.com - JAKARTA - Bakal calon wakil Gubernur DKI Jakarta Irjen Benny Mokalu menilai Indonesia selama ini terlalu banyak meniru kebijakan dari negara-negara barat. Terutama dalam sistem maupun kebudayaan. Padahal sistem kebudayaan asli Indonesia yang seharusnya dikembangkan. Ia mencontohkan kejayaan Kerajaan Sriwijaya dan Mataram yang mampu menguasai Asia. Bukan justru meniru negara lain seperti yang dilakukan saat ini.

"Kalau melihat Kerajaan Sriwijaya dan Mataram, itu menguasai dunia karena menggunakan adat istiadat Nusantara. Termasuk menyangkut aspek kehidupan," ujar Benny, Rabu (25/5).

Mantan Kapolda Bali dan Bengkulu ini mengatakan Indonesia seharusnya mengembalikan kebijakan sesuai dengan kearifan lokal yang ada. Termasuk tentunya kehidupan di DKI Jakarta.

"Jadi istilah 'ayo kita selesaikan secara adat', mari kita implementasikan secara faktual di lapangan," ujarnya. Staf ahli Kapolri ini kemudian mencontohkan Provinsi Bali sebagai salah satu daerah yang cukup berhasil mengembangkan kearifan lokal.

"Kenapa (Bali,red) kondusif, karena yang ditonjolkan selain hukum positif, juga hukum adat," ujar Benny.(gir/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News