Gardu Induk dan SUTT 70 kV Nonohanis Beroperasi

Gardu Induk dan SUTT 70 kV Nonohanis Beroperasi
Ilustrasi

jpnn.com - NTT - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus melakukan peningkatan infrastuktur kelistrikan. Salah satunya melalui pengoperasian gardu induk (GI) Nonohanis 1 x 20 MVA.

Serta Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 kV Bolok-Maulafa-Noibonat-Nonohonis. Pengoperasian ini sekaligus menandai masuknya Soe dalam interkoneksi sistem Timor.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara PLN Machnizon Masri menjelaskan, sebelumnya, listrik untuk wilayah Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan hanya disuplay dari PLTD Soe saja dengan sistem isolated. Sehingga jika ada gangguan dari PLTD Soe, otomatis pemadaman tidak bisa terhindarkan.

Namun dengan adanya GI dan SUTT Nonohanis, daya listrik yang diproduksi dari pembangkit listrik Kupang bisa disalurkan sampai dengan Kabupaten Timor Tengah Selatan. Sehingga kabutuhan listrik dan kehandalan sistem di Kabupaten Timor Tengah Selatan bisa terpenuhi.

"Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan percepatan ekonomi di daerah setempat. Kami harapkan dengan pengoperasian GI dan SUTT, warga akhirnya bisa merasakan sistem kelistrikan yang lebih handal," kata Machnizon. (chi/jpnn)


NTT - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus melakukan peningkatan infrastuktur kelistrikan. Salah satunya melalui pengoperasian gardu induk (GI)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News