Cihuyyy..Antre Buat SIM Ditemani Live Music dan Polisi Joget

Cihuyyy..Antre Buat SIM Ditemani Live Music dan Polisi Joget
Antrean pembuatan SIM ditemani hiburan musik jalanan. Foto: pojokpitu

jpnn.com - TUBAN—Mengantre pembuatan SIM memang kadang membosankan. Namun, Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Sim, Satlantas Polres Tuban, memiliki cara sendiri untuk menghapus kebosanan sekaligus menarik masyarakat untuk membuat  SIM.

Satuan ini mendatangkan kelompok pengamen jalanan untuk menghibur warga yang sedang antre mengurus SIM. Itu dilakukan di polsek-polsek di Tuban. Seperti yang digelar di halaman Polsek Rengel, Tuban.

Suara merdu penyanyi jalanan mengiringi antrean pembuatan SIM. Bahkan dengan iringan musik khas pengamen, sejumlah petugas juga turut menyumbangkan lagu serta menari di depan para pengantre SIM.

“Selain agar lebih akrab, hiburan gratis ini, juga dimaksudkan untuk menghilangkan rasa jenuh warga yang sedang lama menunggu antrean,” ujar Kapolsek Rengel, AKP Musa Baktiar.

Ia mengatakan, kini sudah ada pelayanan SIM keliling yang menjangkau daerah pedesaan, tempat tinggal warga. Sejumlah warga pun mengaku terhibur atas upaya yang dilakukan petugas ini. Mereka mengaku lebih antusias mengurus SIM meski harus mengantre.

Ditambah karena mulai saat ini, tidak perlu jauh-jauh lagi, mengurus perpanjangan SIM ke kantor Samsat, yang jaraknya mencapai 30 kilometer. Selain lebih hemat, warga juga senang karena disuguhi hiburan gratis.

“Kelompok pengamen jalanan sengaja didatangkan supaya tidak lagi mengamen di jalan, karena bisa menganggu ketertiban umum,” imbuh Musa.

Upaya SIM keliling yang dikemas dengan santai dan menghibur ini akan rutin dilakukan di seluruh wilayah kecamatan di Tuban.  Setiap kecamatan akan didatangi petugas satu per satu minimal setiap seminggu sekali. Adapun biaya pengurusannya, sama dengan mengurus langsung di Samsat yakni Rp75 ribu untuk SIM C dan Rp 80 ribu untuk SIM A.(end/flo/jpnn)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News