Tanggulangi Ancaman di Laut, Bakamla Gelar Forum Koordinasi

Tanggulangi Ancaman di Laut, Bakamla Gelar Forum Koordinasi
Badan Keamanan Laut RI (Bakamla) menggelar acara Forum Koordinasi Keamanan Laut di Surabaya, Kamis (26/5). Acara ini mengangkat tema Peran Bakamla dalam Pegelolaan Keamanan dan Keselamatan Maritim Secara Terintegras dengan Mengedepankan Doktrin Law Enforcement. FOTO: Humas Bakamla RI for JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA – Sebagai respons atas maraknya tindak pelanggaran hukum di laut, Badan Keamanan Laut RI (Bakamla) menggelar acara Forum Koordinasi Keamanan Laut. Acara digelar di Hotel Swiss Bell In Surabaya, Kamis (26/5) dengan tema Peran Bakamla dalam Pegelolaan Keamanan dan Keselamatan Maritim Secara Terintegras dengan Mengedepankan Doktrin Law Enforcement.   

Kegiatan ini dibuka oleh Deputi Kebijakan dan Strategi Irjen Satria F. Maseo. Dalam kegiatan ini, hadir Eko Susilo Hadi selaku Deputi Informasi, Hukum dan Kerja Sama dan juga selaku Plt. Sestama Bakamla.

Selain itu, turut hadir Direktur Penelitian dan Pengembangan Bakamla Brigjen Pol Abdul Gofur dan Kadiskum Armatim Kolonel (KH) Izmu Edy sebagai narasumber.

Deputi Kebijakan dan Strategi Irjen Satria F. Maseo mengatakan pada Forkor yang pertama tahun 2016 ini, Bakamla berusaha memfasilitasi pertemuan antar instansi dan pihak-pihak terkait. Tujuannya adalah membahas permasalahan atau isu keamanan laut yang menjadi fokus kita saat ini.

Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai wadah sosialisasi peraturan pemerintah serta Undang-Undang terkait dengan keamanan dan keselamatan maritim.

Karena itu, dia berharap forum ini dapat memupuk serta jalinan komunikasi yang efektif dan efisien antara Bakamla dengan instansi di daerah. Forum ini sangat penting dalam rangka merumuskan strategi dan mekanisme pengamanan laut yang tepat, efektif dan efisien. Juga diharapkan dapat tercipta kebulatan sinergitas yang baik dalam pelaksanaan tugas-tugas di lapangan.

“Melalui forum ini diharapkan terbangunnya kesamaan persepsi dan tindakan dalam rangka melaksanakan pemerintahan yang baik di laut, khususnya aspek penindakan hukum yang efektif dan efisien,” katanya.

Salah satu tugas pokok Bakamla adalah melaksanakan patroli keamanan dan keselamatan di perairan Indonesia dan wilayah yusdiksi Indonesia, yang didukung sistem peringatan dini dalam pelaksanaan patrol di laut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News