Ketahui Bahaya Kerja Shift Malam Bagi Kesehatan

Ketahui Bahaya Kerja Shift Malam Bagi Kesehatan
Ilustrasi. Foto abmfederal

jpnn.com - BAGI Anda yang kerap mendapatkan jatah masuk kerja shift malam, tampaknya harus mulai waspada. Sebab, shift malam bisa menyebabkan Anda terkena penyakit jantung.

Para peneliti menemukan bahwa perawat yang mendapatkan shift malam selama 10 tahun atau lebih, beresiko 15 persen terkena penyakit jantung koroner dibandingkan dengan wanita yang jarang mendapatkan jaga malam.

"Ada sejumlah faktor risiko untuk penyakit jantung koroner. Seperti merokok, pola makan yang buruk, kurangnya aktivitas fisik dan indeks massa tubuh yang tinggi. Kami masih melihat peningkatan risiko penyakit jantung koroner yang berhubungan dengan kerja shift," kata pemimpin peneliti, Celine Vetter, seperti dilansir laman NBC, Kamis (26/5).

Sementara, The International Agency for Research on Cancer mengatakan, bahwa kerja shift malam mungkin menyebabkan kanker. Ini dikaitkan dengan kanker payudara dan jenis kanker lainnya serta diabetes dan gangguan tidur.

Untuk studi ini, para peneliti melihat dua studi kesehatan perawat wanita sejak 1976. Setiap dua tahun, lebih dari 300 ribu perawat atau mantan perawat melaporkan kesehatan dan kebiasaan mereka.

Tim peneliti mendefinisikan penyakit jantung koroner sebagai serangan jantung, penyumbatan pembuluh darah yang membutuhkan pembedahan, pengobatan lainnya dan nyeri dada.

"Di antara wanita yang bekerja sebagai perawat terdaftar, durasi yang lebih lama dari kerja shift malam dikaitkan dengan peningkatan mutlak penyakit jantung signifikan secara statistik," tulis tim peneliti.

Bagi wanita muda, yang memulai studi di usia 30-an, orang-orang yang bekerja shift malam selama 10 tahun atau lebih memiliki risiko 27 persen lebih tinggi dari penyakit jantung.

BAGI Anda yang kerap mendapatkan jatah masuk kerja shift malam, tampaknya harus mulai waspada. Sebab, shift malam bisa menyebabkan Anda terkena penyakit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News