Pelabuhan Penyeberangan Penarik Siap Diresmikan

Pelabuhan Penyeberangan Penarik Siap Diresmikan
Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan membangun pelabuhan penyeberangan Penarik, untuk meningkatkan konektivitas antar pulau di Kepulauan Riau, khususnya antara Pulau Singkep dan Pulau Lingga.

 

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hemi Pamuraharjo menjelaskan, pelabuhan penyeberangan Penarik merupakan pelabuhan yang melayani lintas penyeberangan antar pulau dalam kabupaten.

Yakni menghubungkan Pelabuhan Penyeberangan Dabo di Pulau Singkep dengan Pelabuhan Penyeberangan Penarik di Pulau Lingga, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau yang berjarak 9 mil.

"Pelabuhan ini untuk melayani mobilitas masyarakat kepulauan sekitar yang selama ini masih terbatas. Lintas penyeberangan Dabo - Penarik akan dilayani oleh Kapal Penyeberangan Penumpang  Ro-Ro 500 GT KMP Sembilang dengan kapasitas angkut 19 unit kendaraan campuran dan 150 penumpang," ujar Hemi.

Pelabuhan Penyeberangan Penarik dibangun dengan dana APBN sejak 2011- 2015 dengan total biaya pembangunan sebesar Rp 39 miliar. Selanjutnya, pengelolaannya diserahkan kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga yang saat ini mengoperasikan Pelabuhan Penyeberangan Dabo di Pulau Singkep, Kabupaten Lingga.

"Dijadwalkan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Pudji Hartanto akan meresmikan Pelabuhan Penyeberangan Penarik pada Sabtu (28/5) besok," kata Hemi di Jakarta, Jumat (27/5). (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Kementerian Perhubungan membangun pelabuhan penyeberangan Penarik, untuk meningkatkan konektivitas antar pulau di Kepulauan Riau, khususnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News