Guys! Minyak Ikan Bisa Atasi Depresi Lho..

Guys! Minyak Ikan Bisa Atasi Depresi Lho..
Depresi. Foto: Hufingtonpost

jpnn.com - Suplemen minyak ikan omega-3 bisa meningkatkan efektivitas antidepresan. Ini berdasarkan hasil sebuah penelitian baru. Para peneliti meninjau temuan delapan uji klinis di seluruh dunia serta bukti-bukti lainnya dan menyimpulkan manfaat suplemen minyak ikan omega-3 itu.

" Kombinasi suplemen minyak ikan omega-3 dengan antidepresan memiliki efek yang signifikan secara statistik lebih baik dari plasebo," kata pemimpin penelitian, Jerome Sarris, seperti dilansir laman Health.

Penelitian ini mengamati hasil percobaan di mana pasien berjuang melawan depresi. Dibedakan dari pasien yang mengonsumsi antidepresan standar ditambah suplemen minyak ikan omega-3 versus antidepresan ditambah plasebo tidak aktif.

"Perbedaan untuk pasien yang menggunakan kedua antidepresan dan omega-3, dibandingkan dengan plasebo, itu sangat signifikan. Ini adalah temuan yang menarik karena di sini kita memiliki pendekatan yang aman dan berbasis bukti yang dianggap sebagai pengobatan utama," imbuhnya.

Menurutnya, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa omega-3 sangat baik untuk kesehatan otak secara umum dan meningkatkan suasana hati. Tapi ini adalah analisis pertama dari penelitian yang menggunakan kombinasi dengan obat antidepresan.

Dokter mungkin enggan untuk meresepkan suplemen makanan dalam kombinasi dengan antidepresan karena kurangnya bukti ilmiah dan kekhawatiran tentang keselamatan.  Tapi, Sarris mencatat, para peneliti tidak menemukan masalah keamanan besar dalam menggabungkan dua terapi ini.

Namun, penulis penelitian menekankan bahwa pasien harus selalu berbicara dengan dokter mereka sebelum mengonsumsi suplemen diet ini.  Studi ini diterbitkan di American Journal of Psychiatry.(fny/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News